Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah telah menyiapkan empat strategi dalam bidang ekonomi untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk selama puasa dan Idul Fitri.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa ketika ditemui di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, menjelaskan, keempat strategi itu sudah diputuskan dalam rapat koordinasi lintas kementerian.

"Yang pertama, pangan harus tersedia di seluruh tempat," kata Hatta.

Menurut dia, pangan adalah hal terpenting selama puasa dan Lebaran. Kebutuhan pokok itu harus bisa diakses masyarakat di seluruh daerah dalam kondisi apa pun.

Kedua, kata Hatta, pemerintah harus menjamin distribusi bahan pangan dan kebutuhan pokok lainnya. Oleh karena itu, sarana dan prasarana perhubungan harus dalam kondisi baik.

"Ini harus lancar, kita sudah putuskan harus diantisipasi," katanya.

Kemudian strategi yang ketiga adalah stabilisasi harga. Meski berusaha menjaga stabilitas harga, pemerintah tetap bisa memaklumi jika ada kenaikan harga selama puasa dan Lebaran asalkan masih dalam batas yang wajar.

"Bila terjadi peningkatan (harga, red), kita intervensi dengan operasi pasar secara besar-besaran," kata Hatta menambahkan.

Strategi keempat adalah jaminan ketersediaan energi, terutama listrik dan bahan bakar minyak.

Menurut Hatta, ketersediaan energi juga perlu ditopang dengan sistem distribusi yang baik, sehingga bisa mencapai seluruh wilayah Indonesia.(*)

(F008*D013/R014)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011