Kami menunjukkan bahwa pasar telah meremehkan kenaikan Fed pada awal dua siklus kenaikan terakhir dan kami pikir itu akan terjadi lagi.
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Asia mengawali pekan ini dengan bersikap hati-hati yang kemungkinan akan melihat kenaikan suku bunga Inggris dan laporan beragam tentang pekerjaan dan manufaktur AS, sementara melonjaknya harga minyak menambah kekhawatiran atas inflasi.

Data yang keluar pada Minggu (30/1/2022) menunjukkan aktivitas pabrik China melambat pada Januari karena kebangkitan kasus COVID-19 dan penguncian yang ketat memukul produksi dan permintaan.

Kebuntuan atas Ukraina tetap menjadi duri di sisi pasar, dengan kekhawatiran invasi Rusia juga akan memotong pasokan gas penting ke Eropa barat.

Baca juga: Pasar saham Asia merosot setelah Powell peringatkan tentang inflasi

Liburan Tahun Baru Imlek membuat kondisi perdagangan tipis dan indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang sedikit menyusut 0,1 persen dalam perdagangan yang lambat.

Indeks Nikkei Jepang melemah 0,3 persen karena data produksi industri dan penjualan ritel di bawah perkiraan. Indeks berjangka S&P 500 dan Nasdaq keduanya turun 0,3 persen, membatalkan beberapa kenaikan pada Jumat (28/1/2022).

Bank sentral Inggris (BOE) kemungkinan akan menaikkan suku bunga lagi minggu ini, melanjutkan tren global menuju kebijakan yang lebih ketat. Bank Sentral Eropa (ECB) juga akan menggelar pertemuannya tetapi diperkirakan akan tetap berpegang pada argumennya bahwa inflasi akan surut dari waktu ke waktu.

Pasar-pasar telah bergeser memperkirakan lima kenaikan suku bunga dari Federal Reserve tahun ini menjadi 1,25 persen, meskipun investor masih memperkirakan suku bunga meningkat hingga kisaran 1,75-2,0 persen.

Analis di Bank of America (BofA) menganggap itu hampir tidak cukup hawkish.

"Kami menunjukkan bahwa pasar telah meremehkan kenaikan Fed pada awal dua siklus kenaikan terakhir dan kami pikir itu akan terjadi lagi," kata kepala ekonom BofA, Ethan Harris.

"Mulai Maret, kami memperkirakan The Fed akan mulai menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin setiap pertemuan yang tersisa tahun ini dengan total tujuh kenaikan, dengan empat kenaikan lagi tahun depan," tambahnya. "Ini akan membawa tingkat terminal menjadi 2,75-3,00 persen pada akhir 2023, yang seharusnya memperlambat pertumbuhan dan inflasi."

Baca juga: IHSG ditutup menguat di tengah anjloknya bursa saham Asia

Catatan harian Fed agak jarang minggu ini dengan hanya tiga presiden regional yang dijadwalkan untuk berbicara, tetapi ada banyak data yang disorot oleh ISM pada manufaktur dan jasa, dan laporan pekerjaan Januari.

Angka penggajian utama diperkirakan akan melemah mengingat lonjakan kasus virus corona dan cuaca buruk. Perkiraan median jika untuk kenaikan hanya 155.000, sedangkan perkiraan berkisar dari kenaikan 385.000 hingga penurunan 250.000.

"Kami memperkirakan data penggajian non-pertanian (NFP) naik hanya 50.000 pada Januari dan tingkat pengangguran tetap stabil di 3,9 persen," kata analis di Barclays dalam sebuah catatan.

"Kami melihat risiko penurunan perkiraan kami mengingat 8,8 juta orang dewasa yang tidak bekerja selama minggu 11 Januari untuk merawat seseorang yang sakit, atau mereka sendiri yang sakit."

Perubahan hawkish oleh Fed telah mendorong imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun melonjak 27 basis poin bulan ini menjadi 1,78 persen, membuat obligasi relatif lebih menarik dibandingkan dengan ekuitas dan khususnya saham pertumbuhan dengan valuasi yang melebar.

Itu juga telah mendukung dolar AS, yang sejauh ini telah melonjak 1,7 persen terhadap sekeranjang mata uang utama saingannya ke level tertinggi sejak Juli 2020 di 97,441.

Euro turun 1,7 persen minggu lalu saja ke level terendah sejak Juni 2020 dan terakhir diperdagangkan di 1,1151 dolar. Dolar bahkan naik terhadap mata uang safe haven yen, terangkat 1,3 persen minggu lalu menjadi 115,27 yen.

Imbal hasil yang lebih tinggi telah menekan emas, yang tidak memberikan imbal hasil dan terjebak di 1.789 dolar per ounce, setelah jatuh 2,4 persen minggu lalu.

Harga minyak mendekati puncak tujuh tahun setelah naik selama enam minggu berturut-turut karena ketegangan geopolitik memperburuk kekhawatiran atas pasokan energi yang ketat.

Brent naik 94 sen menjadi diperdagangkan di 90,97 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS bertambah 89 sen menjadi diperdagangkan di 87,71 dolar AS per barel.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022