Jakarta (ANTARA) -- Demam merupakan salah satu respon tubuh untuk melawan infeksi yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Demam ini biasanya terjadi akibat terlalu sering terpapar sinar matahari atau setelah mendapatkan imunisasi.
 
Biasanya orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah cenderung lebih sering mengalami demam dibandingkan dengan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Nah biasanya demam ini bisa disembuhkan dengan berbagai cara. Mari simak cara mengatasi demam pada pembahasan di bawah ini!
 
Cara Mengatasi Demam
 
Jika Anda mengalami demam pada bagian tubuh Anda, maka sebaiknya tunggulah dulu selama beberapa saat sebelum memberikan pertolongan pada diri kita sendiri. Karena biasanya demam ini bukan merupakan penyakit melainkan gejala dari suatu penyakit.
 
Sebaiknya pertahankanlah suhu alami tubuh yang harus ditimbang terhadap ketidaknyamanan dalam prosesnya yang akan berjalan dengan sendirinya.
 
Konsumsi obat pereda demam
 
Salah satu langkah awal yang biasanya dilakukan oleh setiap orang yang sedang mengalami demam adalah mengkonsumsi obat pereda demam. Obat apotek untuk meredakan demam tersedia dalam berbagai merek dan juga kualitas yang berbeda-beda.
 
Sebaiknya cobalah untuk menggunakan jenis obat pereda demam yang mengandung antipiretik sehingga mampu menurunkan demam dalam waktu yang singkat. Antipiretik ini mampu bekerja dengan cepat untuk menurunkan demam dan mampu membuat Anda merasa lebih baik dibandingkan dengan kondisi sebelum mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung Antipiretik.
 
Kebayakan antipiretik bisa bekerja hanya dalam waktu singkat selama empat hingga delapan jam ke depan. Biasanya obat-obatan yang mengandung antipiretik ini dijual bebas tanpa perlu resep dokter dengan dosis yang bervariasi.
 
Adapun beberapa obat yang biasanya digunakan sebagai pereda sakit kepala seperti sanmol, ibuprofen, Aspirin, dan paracetamol.
 
Untuk lebih lanjutnya, Anda juga bisa melakukan konsultasi yang berkaitan dengan obat demam dan dosis penggunaan serta efek samping yang akan terjadi dari obat tersebut melalui aplikasi konsultasi dokter online download di sini.
 
Sistem hidrasi
 
Selain mengkonsumsi obat-obatan yang dianggap sangat cepat memberikan pemulihan, Anda juga bisa mengatasi demam dengan cara minum banyak cairan yang diperlukan untuk menghindari dehidrasi saat terjadinya demam.
 
Biasanya semakin tinggi demam, maka semakin tinggi pula resiko dehidrasi. Dehidrasi yang parah dalam kondisi demam mampu menyebabkan kram yang parah,kelelahan karena panas, kejang, dan penurunan tekanan darah yang mematikan.
 
Dengan mencoba minum cairan dingin, mampu menurunkan demam serta rutin melakukan olahraga sehingga tubuh tetap terjaga kesehatannya.
 
Mandi air hangat
 
Alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi demam pada tubuhmu adalah dengan mencoba mandi air hangat. Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh Anda terasa seperti terbakar yang menyebabkan tubuh menjadi menggigil dan secara otomatis akan meningkatkan suhu tubuh inti.
 
Mandi dengan air hangat juga membantu mengurangi demam dan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks sehingga tubuh bisa beristirahat dan tidur lebih nyenyak. Pastikan untuk keluar dari bak rendam mandi setelah air mulai dingin.
 
Kompres di bawah lengan
 
Cara lain yang bisa digunakan untuk menurunkan demam adalah dengan menggunakan kain pendingin atau kompres dingin di daerah dahi yang dianggap mampu menurunkan demam. Jika demam sangat tinggi, sebaiknya lakukan kompres dingin di bawah ketiak atau daerah selangkangan di mana terdapat pembuluh darah yang lebih besar pada area tersebut.
 
Ingatlah untuk selalu membaluti kompres dingin dengan kain untuk menghindari kontak langsung dengan kulit. Letakkan selama 10-15 menit lalu pindahkan balutannya secara terus-menerus untuk menghindari radang dingin pada tubuh penderita.
 
Sekalah area tubuh
 
Tahukah Anda jika penguapan juga memberikan efek pendinginan pada tubuh. Cobalah untuk mengoleskan air keran dingin ke area kulit untuk membantu menghilangkan proses panas yang berlebih.
 
Sekalah pada bagian tubuh yang memiliki suhu panas yang paling besar seperti ketiak dan daerah selangkangan. Lakukan juga pada bagian tubuh lainnya dengan cara menggosok seluruh tubuh. Setelah ini, panas tubuh akan menguapkan kelembaban dan mendinginkan kulit.
 
Minumlah es
 
Jika Anda mengalami demam dan dirasa terlalu mual untuk minum air putih, maka Anda bisa mengisap es sebagai alternatif. Bekukan jus buah encer dengan es batu di dalamnya sebagai pilihan yang tepat.
 
Sesuaikan pakaian anda
 
Jika Anda mengalami demam tinggi, maka sebaiknya sesuaikanlah pakaian dan selimut Anda. Jika Anda merasa panas, maka bukalah selimut dan pakaian ekstra agar panas dalam tubuh bisa hilang menuju udara. Namun, jika dirasa kedinginan, sebaiknya selimutilah tubuhmu sampai kamu benar-benar merasa nyaman dan terlindungi.
 
Makan dengan lahap
 
Ketika demam melanda tubuh kita, biasanya kita lebih cenderung memilih minum air dibandingkan makan ketika demam. Oleh karena itu, ketika Anda sudah sembuh dari demam, sebaiknya makan apapun yang Anda sukai dan yang menarik bagi Anda.
 
Makanlah roti panggang, telur, sup ayam, dan puding vanila untuk membantu proses pemulihan tubuhmu. Jangan lupa juga untuk mendiskusikan menganai makanan apa saja yang bagus untuk proses pemulihan tubuhmu dengan dokter terkait.
 
Diskusikan lebih lanjut dengan dokter
 
Anda juga bisa mendiskusikan dengan dokter terkait menganai obat antivirus untuk penanganan flu yang bisa saja menyebar melalui kontak dekat. Meskipun infeksi virus ini bisa berjalan dengan sendirinya, namun Anda tetap bisa mengkonsumsi obat antivirus kepada dokter agar terhindar dari infeksi virus dan terhindari dari gejala sakit kepala dan pilek yang berkepanjangan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022