Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman berkomitmen menjadikan RSPAD sebagai rumah sakit militer berkelas dunia (world class military hospital).

Komitmen itu ditunjukkan melalui berbagai upaya perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan di RS Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, kata Kasad saat memberi sambutan pada acara penerimaan hibah alat kesehatan di Ruang Pelayanan Unggulan RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Senin.

Dalam sambutannya, Kasad menyampaikan hibah berbagai jenis alat kesehatan dari Yayasan Mandala Metta Caritas, Kementerian Perindustrian, dan Bank Indonesia merupakan bentuk dukungan berbagai pihak terhadap peningkatan layanan di RSPAD.

Rumah Sakit Pusat TNI AD di Jakarta menerima 1.420 tabung oksigen kapasitas 40 liter dan dua unit konsentrator oksigen dari Yayasan Mandala Metta Caritas, serta satu set konsentrator oksigen dari Bank Indonesia.

RSPAD juga menerima alih status kepemilikan alat kesehatan dari Kementerian Perindustrian yang mencakup 104 tempat tidur dua engkol (2 crank), 126 tempat tidur tiga engkol (3 crank), dan 846 set konsentrator oksigen kapasitas 10 liter.

Baca juga: Kasad semangati prajurit TNI yang tertembak KKB di Papua

Baca juga: BTN siapkan fasilitas kepemilikan rumah pegawai RSPAD Gatot Subroto


"Selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas kepercayaan yang diberikan kepada TNI AD dalam bentuk hibah ini," kata Dudung saat menerima bantuan itu di RSPAD Gatot Soebroto sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan TNI AD.

Ia menyampaikan bantuan alat kesehatan itu dapat memperkuat pelayanan kesehatannya RSPAD terutama pada masa pandemi COVID-19. RSPAD merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien COVID-19 sejak awal pandemi sampai saat ini.

Jenderal Dudung lanjut mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan persatuan dalam menghadapi pandemi CPVID-19 dan berbagai permasalahan bangsa.

"Saya mengajak kepada kita semua untuk terus meningkatkan kerja sama dan saling bahu-membahu dalam membantu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi Bangsa Indonesia saat ini, tidak hanya terbatas pada masalah kesehatan, tetapi juga permasalahan krusial lainnya yang menyangkut kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegas Kasad mengakhiri sambutannya.

Acara serah terima alat kesehatan di RSPAD itu turut dihadiri oleh Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI dr. A Budi Sulistya, Aslog Kasad, Kapuskesad, Dirjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Dirjen Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kementerian Perindustrian, dan perwakilan Bank Indonesia.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022