Kendaraan terjebak macet di jalan provinsi menghubungkan Lubukbasung ke Kota Bukittinggi sekitar 700 meter dari dua arah
Agam, Sumbar (ANTARA) - Ruas Jalan Kelok 44 tepatnya di Kelok 5 Jorong Pasar Maninjau, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, terputus pada Senin sekitar pukul 18.00 WIB akibat tertutup pohon tumbang menyusul hujan deras di kawasan itu.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi di Lubukbasung, Kabupaten Agam, Senin, mengatakan akibat kejadian itu kendaraan sepeda motor dan mobil tidak bisa melewati daerah itu sehingga terjadi kemacetan.

"Kendaraan terjebak macet di jalan provinsi menghubungkan Lubukbasung ke Kota Bukittinggi sekitar 700 meter dari dua arah," katanya.

Baca juga: Jalan Kelok 44 Agam tertutup pohon, jalan tak bisa dilalui kendaraan

Ia mengatakan material kayu sedang dibersihkan oleh Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam dan warga sekitar.

Pembersihan material pohon itu menggunakan mesin pemotong kayu.

"Petugas sedang membersihkan material pohon dan diperkirakan pohon selesai dibersihkan beberapa menit ke depan sehingga arus lalu lintas bisa kembali normal," katanya.

Baca juga: Pohon besar di Koto Malintang bisa dikembangkan sebagai kampus alam

Ia mengatakan pohon itu tumbang akibat hujan melanda daerah itu dan saat ini hujan sudah reda.

Dengan kejadian itu, ia mengimbau pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pohon tumbang karena ruas jalan Kelok 44 merupakan daerah rawan longsor dan pohon tumbang.

Baca juga: Material pohon tutup ruas jalan Kelok 44 Agam akibat angin kencang

Ini mengingatkan ruas jalan Kelok 44 berada di daerah perbukitan dengan kontur tanah sangat labil.

"Ruas Jalan Kelok 44 rawan tanah longsor dan pohon tumbang saat hujan," katanya. 

Baca juga: Jalan Matua-Padang Lua Agam tertutup pohon tumbang

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022