Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan renang dunia FINA yang sedianya dilangsungkan di Fukuoka, Jepang, pada Mei nanti, diputuskan diundur gara-gara kondisi pandemi COVID-19.

Ini jadi kali kedua ajang tersebut harus diundur, sebab jadwal awalnya adalah pada 2021, tetapi ditangguhkan untuk memberi kesempatan Jepang berkonsentrasi menggelar Olimpiade Tokyo pada tahun lalu.

Otoritas olahraga renang dunia, FINA, pada Selasa mengumumkan bahwa kejuaraan itu tak jadi digelar 13-29 Mei nanti dan akan dicarikan jadwl baru pada Juli 2023.

"Mempertimbangkan situsi pandemi dan protokol yang berlaku di Jepang saat ini, FINA beserta Panitia Penyelenggara Fukuoka 2022 sepakat untuk menunda kejuaraan renang dunia FINA ke-19," kata Presiden FINA Husain Al-Musallam seperti dilansir Reuters, Selasa.

Baca juga: FINA tunda kejuaraan dunia 2021 Fukuoka ke Mei 2022

Keputusan ini juga menimbulkan dampak lanjutan berupa penundaan Kejuaraan Renang Dunia FINA ke-20 yang sedianya dilangsungkan November 2023 di Doha, Qatar, menjadi digelar Januari 2024.

"Keputusan ini diambil berdasar kepentingan bersama," kata Al-Musallam.

"FINA akan terus memprioritaskan keselamatan peserta kompetisi dan mengambil keputusan sedini mungkin berdasar situasi yang ada, agar bisa memberi kepastian bagi para atlet akuatik dan jajaran pendukung mereka," ujarnya melengkapi.

FINA juga menyatakan mereka terus berkomunikasi aktif dengan para atlet maupun pelatih terkait dampak yang ditimbulkan merebaknya varian Omicron terhadap kalender kompetisi akuatik internasional.

Baca juga: Parade rekor dunia yang pecah di Olimpiade Tokyo

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022