Jakarta (ANTARA) - Wahana penjelajah Mars China Tianwen-1 menyampaikan salam perayaan kepada masyarakat China melalui rekaman video menakjubkan yang ditangkap oleh sebuah kamera pada pengorbitnya (orbiter) dengan berswafoto di atas Planet Merah pada Senin (31/1), menjelang Tahun Baru Imlek.

Video yang dipublikasikan oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) itu menunjukkan bahwa mesin pengorbit 3000N, tangki propelan, mesin pengontrol posisi dan komponen lainnya, semuanya dalam kondisi baik.

Video tersebut juga menyuguhkan pemandangan pantulan matahari yang mengenai pengorbit, bendera nasional China yang bersinar di atas pesawat antariksa, dan lapisan es di kutub utara Planet Merah.

Hingga Senin, pengorbit Tianwen-1 telah bekerja di orbit selama 557 hari pada jarak sekitar 325 juta kilometer dari Bumi.

Wahana penjelajah (rover) Mars Zhurong telah beroperasi selama 255 hari di Mars dan menempuh jarak total 1.524 meter di permukaan planet tersebut.

Sejak diluncurkan pada 23 Juli 2020, misi Mars sudah mengirim data ilmiah mentah sebesar 600 GB, menurut administrasi luar angkasa itu.

Tianwen-1 akan segera merayakan peringatan satu tahunnya di orbit,  setelah mencapai Mars pada 10 Februari tahun lalu.
​​​​​​
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022