Dari hasil observasi sementara diketahui bahwa satwa ini berjenis kelamin jantan dan diperkirakan berusia 5 tahun
Medan (ANTARA) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara menitipkan satu individu orangutan (Pongo abeli) ke Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan Sibolangit yang berada di Desa Batu Mbelin Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang.

"Dari hasil observasi sementara diketahui bahwa satwa ini berjenis kelamin jantan dan diperkirakan berusia 5 tahun, " kata Plt Kepala BBKSA Sumut Irzal Azhar dalam keterangan tertulis diterima di Medan, Rabu.

Irzal menyebutkan pada jari telunjuk kaki kiri satwa yang dilindungi itu ditemukan luka.

Baca juga: Wamen LHK resmikan Pusat Penyelamatan Orangutan di Langkat

"Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan serta rehabilitasi orangutan tersebut," ucapnya.

Ia mengatakan penggagalan perdagangan orangutan itu dilakukan oleh Kepolisian Resor (Polres) Binjai bersama Lembaga Sumeco dan Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (YOSL-OIC).

Polisi berhasil menangkap 3 pelaku yang memperdagangkan satwa liar dilindungi. Namun ketiganya saat ini masih didalami perannya, sebelum ditentukan statusnya.

Baca juga: KLHK lepasliarkan delapan orangutan di TN Bukit Baka Bukit Raya

Baca juga: Anggota DPR dukung program penyelamatan orang utan oleh YIARI


Petugas juga terus mengembangkan kasus ini untuk mencari pelaku-pelaku lainnya. Sedangkan bukti berupa satu individu orangutan berhasil disita oleh Polres Binjai sejak Senin (31/1) malam di dalam kandang milik pelaku.

"Mengingat kondisi satwa yang sudah semalaman berada di dalam kandang yang kecil, maka Selasa (1/2) pagi dilakukan tindakan evakuasi dengan merehabilitasi satwa tersebut ke Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan Sibolangit di Batu Mbelin," katanya.

BBKSDA Sumut mengapresiasi yang dilakukan oleh Polres Binjai beserta dengan lembaga mitra, dan menyerahkan sepenuhnya upaya penanganan hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.Harapan kedepannya, kerja sama yang baik dengan Polres Binjai dapat terus dibina dan ditingkatkan.

Baca juga: BBKSDA Sumut kirim lima orangutan ke Jambi

Baca juga: Tiga ekor orangutan dilepasliarkan di hutan Kapuas Hulu Kalbar

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022