Jakarta (ANTARA) - Aktris Monica Vitti, salah satu bintang paling dicintai penuh prestasi yang jadi sorotan di era keemasan perfilman Italia pada pertengahan abad ke-20 telah tutup usia, pada Selasa (1/2), dalam umur 90 tahun.

Kepergiannya diumumkan di Twitter oleh sineas Walter Veltroni yang mendapat kabar tersebut dari suami Vitti, Roberto Russo.

Dikutip dari Reuters, Kamis, media di Italia mengatakan Vitti menghembuskan napas terakhir akibat komplikasi dari penyakit Alzheimer, yang telah dideritanya selama lebih dari satu dekade.

Perdana Menteri Mario Draghi menyebut sang aktris sebagai "perempuan dengan bakat hebat yang menaklukkan generasi-generasi di Italia dengan semangat, bakat dan kecantikannya. Dia memberi cahaya bagi sinema Italia di dunia".

"Seorang aktris hebat telah pergi," kata rekannya Sophia Loren yang berusia 87 tahun. "Kematiannya adalah kehilangan besar bukan cuma untuk sinema, tapi untuk kita semua."

Vitti mulai tenar di mancanegara pada 1960 ketika dia masih berusia 20-an lewat peran utama di "L'Avventura (The Adventure)" yang disutradarai Michelangelo Antonioni.

Dibuat dalam warna hitam putih dengan sedikit dialog, jeda panjang dan banyak close-up dari Vitti, film itu bercerita tentang cinta, kecemburuan, kebosanan dan pengkhianatan dalam sekelompok teman-teman kaya dalam perjalanan naik perahu di sekitar kepulauan Aeolia.

Film itu menang di festival Cannes pada 1960 dan Monica Vitti meraih piala Golden Globe tahun berikutnya untuk "Best Breakthrough Actress".

Dia kemudian beradu akting bersama aktor-aktor ternama Italia, termasuk Marcello Mastroianni, Alberto Sordi, dan Vittorio Gassman, juga aktor mancanegara seperti Michael Caine, Alain Delon dan Dirk Bogarde.

Lahir dengan nama Maria Luisa Ceciarelli di Roma pada 1930, dia melewati Perang Dunia II sebagai remaja, lulus dari Akademi Nasional Seni Drama dan mulai mendapatkan tawaran peran.

Vitti mendapat beberapa peran komedi sebelum bertemu Antonioni dan bergabung dengan perusahaan teater Teatro Nuovo di Milan sebelum main film "L'Avventura".

Pada 1970-an, dia main banyak komedi romantis bersama sutradara-sutradara seperti Ettora Scola. Vitti mendapat gelar aktris terbaik lewat penghargaan David di Donatello untuk film "Polvere di Stelle (Stardust)" pada 1974.

Pada 1990, dia mencoba duduk di bangku sutradara, tapi filmnya tidak sukses. Sebelum jatuh sakit, Vitti tampil di layar kaca dan akhirnya menghabiskan waktu-waktu terakhirnya di rumah, dirawat oleh suaminya.

Baca juga: Aktor dan juara renang Italia Bud Spencer tutup usia

Baca juga: Maquinn harumkan Indonesia lewat "Fashion Film Realm of Silence"

Baca juga: Sutradara Italia Vittorio Taviani meninggal dunia

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022