Kita percaya bahwa sumber pertumbuhan dan bagaimana ekonomi itu bisa bangkit, tentu salah satunya adalah kekuatan yang berasal dari para wirausahawan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri (Wamen) BUMN Pahala Nugraha Mansury mengungkapkan kekuatan wirausahawan merupakan sumber bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pahala mengatakan bahwa selama dua tahun terakhir, perekonomian global dan Indonesia mengalami tekanan yang cukup signifikan, namun dirinya percaya bahwa sebetulnya Indonesia memiliki berbagai kekuatan untuk bisa bangkit dan juga bisa tumbuh. Diharapkan perekonomian Indonesia bisa tumbuh secara signifikan.

"Kita percaya bahwa sumber pertumbuhan dan bagaimana ekonomi itu bisa bangkit, tentu salah satunya adalah kekuatan yang berasal dari para wirausahawan," ujar Pahala dalam seminar daring Wirausaha Muda Syariah di Jakarta, Kamis.

Wamen BUMN percaya walaupun BUMN menjadi sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia, tentunya BUMN tidak bisa melakukan pengembangan ekonomi dan membangun momentum pertumbuhan ekonomi tanpa bekerjasama dengan sektor swasta, termasuk salah satunya adalah sektor wirausahawan syariah.

"Kita melihat setidaknya Indonesia, sesuai dengan studi yang ada, membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausahawan dengan rasio wirausaha saat ini di Indonesia sebetulnya masih sangat rendah yakni di kisaran 3,4 persen," katanya.

Tentunya Kementerian BUMN bersama perusahaan-perusahaan BUMN dan juga bagian Masyarakat Ekonomi Syariah, tentunya dalam hal ini BUMN terpanggil untuk bagaimana secara bersama-sama dan sistematis bisa mencoba meningkatkan jumlah populasi masyarakat Indonesia yang betul-betul bisa menjadi wirausahawan.

Menurut Pahala, besarnya antusiasme dan minat mahasiswa serta generasi muda saat ini untuk menjadi wirausahawan, mendirikan startup dan memiliki bisnis sendiri merupakan momentum positif yang penting.

"Ini memang satu momentum yang positif, apalagi saat ini banyak sekali berita-berita dan yang sedang tren yakni startup-startup yang bisa memiliki valuasi luar biasa karena memiliki harapan untuk bisa mengembangkan bisnis yang cukup tinggi," ujar Wamen BUMN.

Selain itu faktor digitalisasi dan hal-hal lainnya tentunya merupakan perubahan yang terjadi dan menyebabkan masyarakat serta mungkin saat ini para mahasiswa berkeinginan untuk menjadi wirausahawan.

"Ini memang betul-betul suatu perubahan pola pikir atau mindset yang kita harapkan bisa terus kita dorong ke depannya," kata Pahala.

Baca juga: Wamen BUMN ajak BUMN Muda untuk majukan sektor pangan nasional
Baca juga: Wamen: Merger 6 BUMN pangan momentum tingkatkan ketahanan pangan RI
Baca juga: Wamen BUMN: Presidensi G20 dorong transisi energi hijau berkelanjutan

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022