Dukungan luar biasa tak lepas dari sinergi BUMN yang juga full effort dalam mendukung untuk meningkatkan trafik wisatawan.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) Kartika Wirjoatmodjo menyebut perhelatan olahraga internasional F1Powerboat di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), 2-3 Maret 2024, diharapkan bisa mendapat perhatian sangat besar dari dunia sehingga nantinya mampu meningkatkan trafik wisatawan.

Wamen yang akrab disapa Tiko itu, mengatakan bahwa promosi dan pemberitaan mengenai acara olahraga ini, dinilai dapat menjadi pemantik bagi seluruh program destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

Menurut Tiko hal itu dapat terwujud dengan adanya sinergi antar-BUMN.

"Dukungan luar biasa tak lepas dari sinergi BUMN yang juga full effort dalam mendukung untuk meningkatkan trafik wisatawan," ujar Tiko.

Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Dony Oskaria menyampaikan F1Powerboat tahun ini akan dimeriahkan juga dengan ajang Aquabike Indonesian Championship seri pertama.

Dalam ajang tersebut akan digelar dua kategori, yakni endurance dan paralel slalom. Sekitar 20 pembalap nasional akan ikut dalam ajang ini.

Kesempatan ini akan membuka peluang bagi para atlet untuk meningkatkan performa terbaiknya dalam Aquabike World Championship selanjutnya di Danau Toba.

Dony berharap acara ini terselenggara dengan lebih sukses, sehingga memberikan dampak berganda atau multiplier effect pada masyarakat sekitar Danau Toba.

"InJourney yang pada tahun 2023 sukses menyelenggarakan F1Powerboat dan bersiap kembali untuk menyukseskan acara. Melalui beragam program dan event pada F1Powerboat, InJourney akan menghadirkan water sport tourism yang akan menyedot banyak wisatawan," katanya lagi.

Dony menjelaskan bahwa dalam membangun pariwisata, InJourney melakukannya secara komprehensif, salah satunya dengan memastikan bahwa dalam mengadakan suatu event dapat memberikan dampak ekonomi yang luar biasa kepada masyarakat baik langsung maupun tidak langsung.

Selain itu, dengan terselenggaranya ajang event berskala global ini Indonesia mendapatkan media exposure yang tinggi di kancah internasional.

"Yang utama adalah bagaimana kita dapat mempromosikan destinasi pariwisata ke mata dunia, sehingga hal tersebut dapat mendatangkan trafik wisatawan dan masyarakat sekitar yang akan merasakan dampaknya ekonominya," ujar Dony pula.
Baca juga: Masyarakat antusias saksikan balapan F1Powerboat Danau Toba
Baca juga: Kemenparekraf perbanyak event internasional di Danau Toba

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024