Tergantung apa strukturnya, harus dilakukan perbaikan atau sekadar penguatan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di KM64 yang longsor, diupayakan bisa beroperasi pada periode mudik Lebaran 2024.

Kartika mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan evaluasi terkait kesiapan ruas tol tersebut untuk digunakan kembali. Namun, ia belum bisa memastikan kapan perbaikan Tol Bocimi bisa selesai.

"Tergantung apa strukturnya, harus dilakukan perbaikan atau sekadar penguatan. Nanti kita lihat, tapi kita upayakan Lebaran sudah bisa beroperasi dengan pengamanan khusus," ujar Kartika di Jakarta, Jumat.

Wamen BUMN ini menyampaikan, pemerintah masih terus meneliti yang menjadi penyebab dari longsornya Tol Bocimi KM64. Selain karena faktor alam, struktur jalan dari tol tersebut juga sedang dievaluasi.

Lebih lanjut, dari proses penyelidikan ini, maka nantinya dapat ditetapkan apakah perlu perbaikan secara signifikan atau sekadar penguatan saja.

"Saat ini kami teliti, saat ini faktor alamnya memang di sana ada longsoran. Kami lagi teliti strukturnya, kita lihat perlu ada perbaikan yang signifikan atau tidak, akan kita kaji," katanya.

Diketahui, PT Waskita Toll Road (WTR) menyebutkan longsor yang terjadi di Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) KM 64, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat arah Sukabumi akibat gerusan air saat hujan deras pada Rabu (3/4).

Adapun area yang terdampak bencana longsor yakni lajur I mainroad Jalan Tol Bocimi. Akibat kejadian itu informasinya ada satu unit mobil terperosok ke areal jalan yang longsor dan hingga kini masih dalam upaya evakuasi.

Antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan akses arah dari Parungkuda menuju Ciawi ditutup sementara untuk menghindari potensi atau terjadinya longsor susulan. Maka dari itu, pihaknya meminta kepada pengendara untuk memahami aturan ini demi keselamatan.

Baca juga: Lokasi longsor Tol Bocimi masuk zona kerentanan gerakan tanah menengah
Baca juga: Jalan Tol Bocimi GT Parungkuda longsor belum genap setahun diresmikan
Baca juga: Korlantas lakukan rekayasa lalu lintas atasi longsor Tol Bocimi

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024