Diharapkan ke depan produksi Pertamina di hulu juga meningkat, dan dengan peningkatan biofuel, bioetanol maupun penggunaan biodiesel, diharapkan nanti semakin lama impor semakin menurun
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) Kartika Wirjoatmodjo berharap produksi minyak Pertamina di hulu dapat meningkat guna mengurangi ketergantungan pada impor energi.

“Diharapkan ke depan produksi Pertamina di hulu juga meningkat, dan dengan peningkatan biofuel, bioetanol maupun penggunaan biodiesel, diharapkan nanti semakin lama impor semakin menurun,” kata Kartika di sela peninjauan keandalan distribusi BBM dan LPG saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Integrated Terminal Plumpang Pertamina Jakarta Utara, Jumat.

Pria yang akrab disapa Tiko ini menyatakan, saat ini produksi Pertamina mencapai 416 ribu barel per hari di dalam negeri, dengan tambahan sekitar 150 ribu barel dari luar negeri melalui kegiatan akuisisi.

Dia menyebut total produksi Pertamina untuk minyak yang dapat dikonsumsi di dalam negeri mencapai sekitar 560 ribu barel per hari.

“Jadi, sangat dominan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Memang masih perlu ada impor, tapi dari kita sudah melakukan program jangka panjang untuk peningkatan eksplorasi maupun peningkatan produksi,” ucap Tiko.

Dia menambahkan bahwa produksi Pertamina di hulu juga harus meningkat seiring dengan peningkatan penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan, seperti biofuel, yang dapat membantu mengurangi impor minyak.
 

Aktivitas di Integrated Terminal Plumpang Pertamina Jakarta Utara, Jumat (29/12/2023). ANTARA/Harianto
Baca juga: Wamen BUMN: Terminal Plumpang Pertamina terus benahi aspek keselamatan
Baca juga: Indef sebut Proper Emas tingkatkan kepercayaan investor ke Pertamina


Ia mengatakan bahwa sejumlah langkah strategis telah diambil untuk dapat mengurangi impor energi ini. Meski begitu, dalam konteks produksi energi, Pertamina terus berupaya meningkatkan eksplorasi dan produksi minyak di dalam negeri.

Menurutnya, perlu upaya jangka panjang untuk meningkatkan kemandirian energi dan mengurangi ketergantungan pada pasokan luar negeri. Selain itu, peningkatan penggunaan biofuel, termasuk biodiesel, juga menjadi fokus untuk mengurangi impor minyak.

Dalam kesempatan yang sama, Wamen BUMN juga mengapresiasi upaya Pertamina Group dalam menjaga distribusi BBM nasional dan meminta penyaluran dipastikan sesuai dengan target distribusi dengan menekankan efisiensi.

“Tolong dikawal terus dan pastikan berjalan baik. Apresiasi untuk seluruh tim yang sudah bekerja keras, terutama untuk asset integrity juga dijaga terus,” kata Wamen BUMN.

Baca juga: Pertamina imbau laporkan barcode MyPertamina digunakan kendaraan lain
Baca juga: Wamen BUMN tinjau Pertamina Plumpang pastikan suplai BBM di tahun baru


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023