Pertamina Plumpang menjadi pusat distribusi penting terkait pasokan BBM untuk wilayah Jabodetabek sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara optimal terutama selama libur Natal dan Tahun Baru
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo meninjau Terminal Plumpang Pertamina untuk memastikan keandalan distribusi BBM dan LPG, serta pelayanan lainnya kepada  masyarakat khususnya saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Hari ini kami memeriksa kesehatan dan keandalan distribusi dan aset Pertamina khususnya yang untuk pengisian BBM,” kata Kartika usai meninjau Integrated Terminal Plumpang Pertamina Jakarta Utara, Jumat.

Dia menyampaikan peninjauan meliputi pemeriksaan kesehatan dan keandalan distribusi, serta aset Pertamina, khususnya untuk BBM dan LPG.

Menurutnya, Pertamina Plumpang menjadi pusat distribusi penting terkait pasokan BBM untuk wilayah Jabodetabek sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara optimal terutama selama libur Natal dan Tahun Baru.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya melakukan pemantauan terhadap langkah-langkah antisipasi seperti pemasangan tresser untuk monitoring dan otomatisasi pemadaman jika terjadi gangguan di Terminal Plumpang.

“Dan program lain yang kita lakukan adalah pendekatan safety di Plumpang, di mana dilakukan pemasangan tresser untuk monitoring tresser dan juga nanti ada otomatik untuk pemadaman atau pematian jika terjadi gangguan,” ucap Kartika.

Baca juga: Pertamina pastikan stok BBM aman di wilayah Kalbar
Baca juga: BPH Migas pastikan pasokan BBM aman hingga tahun baru


Ia berharap program keselamatan dan perbaikan aset menjadi prioritas sehingga dapat meningkatkan integritas aset Pertamina dalam beberapa tahun ke depan.

Dia menambahkan, selain distribusi BBM subsidi, pihaknya juga memantau Pertamax Green 95 yang mengandung 5 persen etanol.

“Diharapkan memang nanti selain kita melakukan distribusi BBM subsidi juga kita mendistribusikan BBM yang Pertamax Green 95 juga,” kata Wirjoatmodjo.

 

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo (empat kiri), Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (tiga kiri), di sela peninjauan Integrated Terminal Plumpang Pertamina Jakarta Utara, Jumat (29/12/2023). ANTARA/Harianto
 

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan bahwa peninjauan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Satgas Natal dan Tahun Baru untuk memastikan suplai BBM dan LPG terjamin.

“Tadi Pak Wamen (BUMN) sudah melihat langsung bagaimana proses sudah berjalan secara terintegrasi dari mulai TBBM sampai SPBU sampai ke pelanggan,” kata Nicke.

Dia menyatakan komitmennya untuk menjaga sistem pasokan agar tidak terjadi kelangkaan dan memastikan kualitasnya tetap terjaga sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat selama liburan Natal dan tahun baru.

“Tadi sekaligus kita memperlihatkan kesiapan kita untuk menyuplai Pertamax Green di wilayah Jabodetabek yang secara bertahap akan terus kita tingkatkan sehingga ini bisa memberikan dampak yang positif untuk kualitas udara di Jakarta,” kata Nicke.

Baca juga: BPH Migas dukung kelancaran layanan BBM transportasi laut
Baca juga: Kilang Pertamina Plaju  produksi BBM 20,71 juta barel


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023