Merak (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak berencana mengoperasikan 35 kapal Roll on Roll off (roro) untuk penyeberangan ke Bakauheni, Lampung pada arus mudik lebaran tahun 2011.

"Seluruh kapal roro yang ada di lintasan Merak - Bakauheni sebanyak 33 pada musim arus mudik nanti sudah siap dioperasikan, dan ditambah dengan dua unit kapal roro bekas dari ASDP pusat, jadi seluruhnya 35 kapal roro disiagakan hadapi lebaran tahun ini," kata Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, La Mane, Rabu.

Dia menjelaskan, kepastian beroperasinya 33 kapal roro yang masuk lintasan Merak - Bakauheni, setelah ada kepastian dari pihak Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak dan dua kapal yang akan dikirim oleh ASDP pusat pada bulan Agustus mendatang.

"Sesuai dengan rapat koordinasi yang tadi pagi kami lakukan, dari Gapasdap Merak sudah memberikan jaminan kesiapan 33 kapal yang ada, dan ada kejelasan dari ASDP pusat mengenai penambahan dua kapal," katanya menjelaskan.

Mengenai pengoperasian seluruh armada kapal roro, menurut La Mane, empat unit kapal roro yang masih dalam perbaikan dan perawatan pada minggu pertama dan kedua masuk lintasan.

"Kapal yang `docking` itu sudah lama sekali, sudah lima bulan ada di galangan, dan tadi menurut keterangan Gapasdap Merak kapal roro yang docking itu dalam waktu dua minggu kedepan sudah siap dioperasikan," katanya.

Sementara sejumlah kapal yang menjalani perawatan, menurut La Mane, jadwalnya akan dipercepat hanya beberapa jam saja menjalani perawatan. "Pihak Gapasdap juga saat ini tengah mengupayakan agar kapal yang menjalani perawatan tidak terlalu lama, dan jadwalnya akan diatur, sehingga pada arus mudik lebaran dapat dioperasikan secara maksimal," ujarnya.

Terpisah, Ketua Gapasadap Merak, Togar Napituli, mengakui, pengoperasian kapal roro menjelang Idul Fitri akan dioperasikan secara keseluruhan.

"Kalu melihat kondisinya saat ini, 33 kapal yang ada di lintasan Merak - Bakauheni bisa dioperasikan menjelang lebaran nanti." katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry, Christine Hutabarat, menjaskan, tambahan dua kapal roro di lintasan Merak - Bakauheni sedang dalam proses.

"Saat ini, tim pengadaan kapal roro bekas, masih memilih dan menentukan dua kapal roro mana saja yang akan dibeli dari luar negeri, dan akan digunakan untuk arus mudik lebaran," katanya.(*)
(ANT-152/M012)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011