Ini untuk memudahkan proses resettlement setelah pengajuannya nanti diterima.
Makassar (ANTARA) - Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar, Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham Sulawesi Selatan melakukan pemindahan tiga pengungsi asal Afghanistan dan satu pengungsi asal Myanmar.

Kepala Rudenim Makassar Alimuddin, di Makassar, Kamis, mengatakan tujuan pemindahan ketiga pengungsi ke Jakarta dalam rangka memudahkan proses pemukiman kembali ke negara ketiga (resettlement).

"Ini untuk memudahkan proses resettlement setelah pengajuannya nanti diterima," ujarnya.

Tiga pengungsi asal Afghanistan, masing-masing pasangan suami istri KAA (33) dan DS (30) serta IR (39) dipindahkan ke wilayah pengawasan Rudenim Jakarta, sementara satu pengungsi asal Myanmar MM (27) dipindahkan ke Lhokseumawe wilayah pengawasan Rudenim Medan.

Alimuddin menyatakan tiga orang pengungsi asal Afghanistan sementara menunggu proses resettlement, sedangkan untuk pengungsi asal Myanmar untuk memenuhi kebutuhan penerjemah di sana.

"Ketiga pengungsi asal Afghanistan ini sudah diproses pengajuannya dan beberapa tahapan seperti pemeriksaan kesehatan, wawancara dengan perwakilan negara penerima dilakukan di Jakarta, sementara yang dipindah ke Lhokseumawe adalah permohonan UNHCR dalam rangka memenuhi kebutuhan penerjemah bahasa Rohingya di sana," ujarnya lagi.

Alimuddin menambahkan, pemindahan ke Lhokseumawe hanya bersifat sementara, setelah proses wawancara pengungsi asal Rohingya di Lhokseumawe selesai, maka MM akan kembali dipindahkan ke Makassar.

Ketiga pengungsi yang dipindahkan ke Jakarta dikawal oleh dua orang petugas, masing-masing dari Rudenim Makassar dan Rudenim Jakarta. Mereka berangkat pada hari Kamis dari Bandara internasional Sultan Hasanuddin menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan menumpang maskapai Garuda Indonesia GA 0605.

Selanjutnya, petugas membawa mereka ke Kantor Rudenim Jakarta untuk dilakukan proses serah terima, kemudian ketiga pengungsi menuju tempat penampungan baru di Tangerang.

Pemindahan MM bukanlah hal baru baginya, tahun 2020 lalu ia juga dipindahkan sementara ke Lhokseumawe untuk membantu proses wawancara pengungsi Rohingya di sana.

Proses pemindahan MM dikawal oleh satu orang petugas Rudenim Makassar Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan. Mereka berangkat dari Makassar Kamis menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 0617 tiba di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pukul 08.55 WIB, kemudian melanjutkan perjalanan Ke Medan dengan pesawat Garuda Indonesia GA 0186 tiba di Bandara Kuala Namu, Medan pukul 13.35 WIB.

Setelah tiba di Medan, mereka menuju Rudenim Medan di Belawan untuk dilakukan serah terima pengawasan dengan petugas Rudenim Medan. Keesokan harinya Jumat (4/2), MM menuju Lhokseumawe melalui jalur darat dengan pengawalan petugas Rudenim Medan.
Baca juga: Pencari suaka asal Afghanistan dapat pemukiman kembali di Australia
Baca juga: Pengungsi Afghanistan mempertanyakan nasib ke Kanwil Kemenkumham Jatim

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022