Jakarta (ANTARA News) - Ikatan Alumni Pondok Modern Gontor mendukung Kuntum Khaira Basa maju dalam pencalonan Ketua Umum Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN), organisasi sayap Partai Amanat Nasional, dalam kongres keempat di Yogyakarta, 28-30 Juli mendatang.

"Kami mengimbau kepada semua aktivis muda PAN untuk memberikan dukungannya kepada santri kami untuk menjadi orang nomor satu di DPP BM PAN," kata Ketua Umum Pusat Ikatan Alumni Pondok Modern Gontor, Ustadz Akrim Mariyat, di Jakarta, Kamis.

Dikatakannya, apabila Kuntum dipercaya memimpin BM PAN, maka keluarga besar Pondok Pesantren Modern Gontor akan menjadi pihak pertama yang akan mendukung Ketua Umum PAN Hatta Rajasa sebagai calon presiden pada Pilpres 2014.

Kuntum yang saat ini merupakan salah satu bendahara BM PAN dinilai Akrim sarat dengan pengalaman organisasi yang bisa menjadi bekal untuk memimpin BM PAN.

"Kuntum memang layak memimpin organisasi sayap partai sekelas BM PAN, sebab pengalamannya sudah mumpuni. Selain pernah menjabat Ketua Cabang HMI Ciputat, dia juga aktif di berbagai kegiatan internasional," katanya.

Sebelumnya, Pengasuh Ponpes Modern Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasy pun menyatakan dukungannya kepada Kuntum saat pertemuan dengan alumni pesantren itu se-Jabotabek di Jakarta, Rabu (20/07) malam.

Ia menegaskan majunya Kuntum sebagai calon Ketua Umum BM PAN merupakan representasi kekuatan politik keluarga besar Gontor.

"Kehadiran santri kami dalam percaturan politik internal PAN merupakan bagian dari dedikasi kami sebagai kaum santri yang dekat dengan Muhammadiyah dan PAN sebagai partai politik amanah aspirasi rakyat," katanya.

Sementara Kuntum berharap momentum Kongres IV BM PAN bisa menjadi media konsolidasi kekuatan politik kaum muda. "Sehingga kaderisasi politik di tubuh PAN tidak stagnan," kata Kuntum, yang memiliki target menjadikan BM PAN sebagai peraup suara muda dalam Pemilu 2014 jika dia terpilih menjadi ketua umum.
(T.S024/H-KWR)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011