Jakarta (ANTARA) - Haas menjadi tim pertama yang memamerkan mobil baru mereka untuk Formula 1 musim 2022 saat tim asal Amerika Serikat itu mengunggah rupa digital mobil penantang mereka VF-22 pada Jumat.

Desain mobil tahun ini mengikuti regulasi yang mengalami perombakan besar, terutama di wilayah aerodinamika untuk membuat balapan lebih ketat dan  menggunakan ban 18 inchi.

VF-22 yang akan dikendarai oleh Mick Schumacher, putra dari juara dunia tujuh kali Michael, dan pebalap Rusia Nikita Mazepin, yang ayahnya merupakan pemilik perusahaan Uralkali yang menjadi sponsor titel tim, dibalut dengan livery bertemakan warna bendera Rusia seperti tahun lalu.

Kedua pebalap akan menjadi tandem untuk musim keduanya di F1.

Haas, yang menggunakan power unit Ferrari, tahun lalu finis terakhir dalam klasemen dan menjadi satu-satunya tim yang gagal mencetak poin.

Mereka berharap keluar dari papan bawah dengan adanya perombakan regulasi tahun ini setelah tak melakukan pengembangan signifikan terhadap mobil 2021 mereka untuk fokus kepada pengembangan mobil tahun ini.

Baca juga: Verstappen, Mercedes masuk nominasi penghargaan Laureus

"Penting menggarisbawahi bahwa kami masih dalam tahap-tahap awal pengembangan dan transisi, kami masih akan mengalami perkembangan besar tahun ini," kata direktur teknis Haas F1 Simone Resta dalam laman resmi tim.

Resta mengungkapkan perubahan terbesar dari VF-22 adalah pada bagian aerodinamika dan pengereman.

"Bukan sebuah revolusi tapi sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Kendati mobil tahun ini lebih berat, Resta melihat progres performa yang dia pantau setiap pekannya.

"Saya yakin ada potensi dan kesempatan untuk mengembangkan mobil sepanjang musim ini dan saya harap semua tim akan mengembangkan mobil mereka secara signifikan selama musim ini."

Baca juga: Formula 1 akan wajibkan vaksin COVID-19 untuk musim 2022

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022