para peserta akan memeriahkan berbagai kegiatan antara lain pernikahan massal di bawah air, festival olah raga tradisional dan menyelam serta menyaksikan festival seni dan budaya tradisional khas daerah ...
Kendari, Sulawesi Tenggara (ANTARA News) - Sebanyak 149 peserta yacht rally dan yacht race atau konvoi kapal layar mewah dari 16 negara, bertolak dari Darwin, Australia, menuju ke Indonesia, sejak Sabtu (23/7).

Bupati Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Hugua ikut menyaksikan peserta yacht rally dan yacht race tersebut saat meninggalkan pelabuhan Darwin.

"Saya ikut menyaksikan pelepasan konvoi kapal-kapal layar mewah tersebut karena Wakatobi menjadi pusat penyelenggaraan Sail Indonesia 2011 yang disebut dengan Sail Wakatobi Belitong," kata Bupati Wakatobi Hugua melalui pesan singkat telepon genggam dari Darwin, Minggu.

Menurut Bupati Hugua, kapal-kapal layar mewah yang dilepas dari Darwin tersebut akan berkeliling ke-21 kabupaten di Indonesia mulai dari Kupang atau Saumlaki dan berakhir nanti di Belitong.

Di Wakatobi ujar Hugua, para peserta akan memeriahkan berbagai kegiatan antara lain pernikahan massal di bawah air, festival olah raga tradisional dan menyelam serta menyaksikan festival seni dan budaya tradisional khas daerah Sultra, terutama Wakatobi.

"Kegiatan SWB ini merupakan kelanjutan dari Sail Indonesia yang telah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya," katanya.

Menurut Hugua, nama Sail Indonesia mulai diubah sejak 2009, sejalan penyelenggaraan Konferensi Kelautan Dunia di Manado, Sulawesi Utara.

"Kegiatan ini mulai dikemas sesuai dengan penanda setiap daerah penyelenggara, dimulai Sail Bunaken pada 2009 yang dipusatkan di Manado dan Bitung Sulawesi Utara, dan Sail Banda pada 2010 di Ambon Maluku," katanya.

Pelaksanaan SWB 2011 kata Hugua, dipusatkan di dua lokasi, yaitu Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara dan Belitung, Provinsi Bangka Belitung ini memiliki empat tujuan.

Pertama, menggalang keterpaduan dalam pemanfaatan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kedua, menjadikan Wakatobi dan Belitung sebagai tujuan wisata nasional dan internasional, ketiga, menciptakan jalur pelayaran terbaik dan keempat, menjadikan potensi Kelautan dan Perikanan Sultra dan Bangka Belitung sebagai sumber penghidupan rakyat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan.

"Dari empat tujuan tersebut, ditetapkan tema SWB kali ini, yakni Clean Ocean for the Future dengan enam kegiatan utama," katanya.

Keenam kegiatan tersebut, yaitu yacht rally dan yacht race, operasi Bhakti Surya Baskara Jaya, seminar nasional dan internasional, lintas nusantara remaja dan pemuda bahari, dan pameran UKM serta produk perikanan. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011