Nurburgring, Jerman (ANTARA News/AFP) - Lewis Hamilton meraih kemenangan keduanya tahun ini dan yang ke-16 selama karirnya, saat dia memastikan kebangkitan McLaren dengan sebuah kemenangan gemilang di Grand Prix Jerman.

Pebalap Inggris berusia 26 tahun, yang memulai balapan dari posisi start kedua, meraih keungggulan sejak awal balapan dan didukung dengan baik oleh strategi yang cemerlang untuk mengatasi perlawanan para pesaingnya sebelum akhirnya mencapai finis di posisi pertama.

Juara 2008 itu mengambil kendali dalam waktu cukup dalam balapan tersebut namun harus berjuang keras pada waktunya untuk mempertahankan keunggulannya tersebut saat dia mencapai finis 3,9 detik di depan posisi kedua Fernando Alonso asal Spanyol di Ferrari.

Juara dua kali, yang memenangi Grand Prix Inggris dua pekan lalu, mencapai finis di posisi kedua, di depan pebalap Australia Mark Webber, yang menempati posisi start terdepan, dari tim Red Bull dan rekan setimnya yang juga juara bertahan Sebastian Vettel, di posisi keempat, setelah melakukan pit stop terakhir yang cemerlang.

Ini finis terburuk bagi pemimpin klasemen pebalap Vettel setelah tampil dominan sebelumnya dan ini juga mengisyaratkan bahwa pada akhirnhya Red Bull mendapatkan perlawanan pada paruh kedua tahun ini.

Pebalap Brazil Felipe Massa dari Ferrari mencapai finis di posisi kelima di depan pebalap Jerman Adrian Sutil dari Force India, Nico Rosberg dari Mercedes, dan rekan setimnya yang juga juara tujuh kali Michael Schumacher.

Pebalap Jerman Kamui Kobayashi dari Sauber di posisi kesembilan, setelah memulai balapan dari posisi 17, dan pebalap Rusia Vitaly Petrov dari Renault di posisi ke-10.

Vettel masih berada di depan dalam perburuan gelar dengan keunggulan 77 poin dengan nilai 216, di depan Webber yang mengantongi 139 poin dan Hamilton, kini di posisi ketiga, dengan 134 poin. Alonso di posisi keempat klasemen dengan 130 poin.(*)
(I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011