sudah beberapa kali meminta bantuan ke Pemda DKI tetapi tidak pernah terakomodir
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth mengatakan pandemi COVID-19  seharusnya tak melunturkan kewajiban DPRD kepada masyarakat salah satunya kegiatan reses.

Menurut pria yang masih suka blusukan ini, reses merupakan agenda anggota DPRD di luar persidangan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam rangka mengetahui segala permasalahan yang dihadapi saat ini.

"Walaupun wabah COVID-19 masih mengancam termasuk varian omicron. Sudah seharusnya tak melunturkan kewajiban kami, sehingga saya turun ke wagrga untuk melihat kondisi langsung di lapangan dalam menyerap aspirasi  serta memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dialami, sekaligus silaturahmi," kata Kent dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Dengan reses, Kent menyebut dirinya jadi memahami banyak warga yang tengah mengalami kesulitan baik yang sudah terjadi bertahun-tahun, dan juga mengalami kesulitan akibat masa pandemi COVID-19.

"Kita harus yakin dan bekerjasama untuk melawan dan menuntaskan COVID-19 ini, agar kita cepat bangkit dan kehidupan kita bisa segera pulih," ucap Kent.

Salah satu contoh tindak lanjut reses yang dilakukan Kent, ialah menindak lanjuti permasalahan di Jalan Sayur Asem, RT 02 RW 06, Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan yakni kurangnya lampu jalan, jalan belum di aspal dan kurangnya saluran air.

"Saat di Joglo saya temukan beberapa permasalahan seperti tak ada lampu jalan, jalan lingkungan yang belum diaspal serta, kurangnya saluran air yang sering mengakibatkan banjir di wilayah ini. Saya langsung meminta ke Bina Marga Jakarta Barat untuk segera mengerjakan pemasangan lampu jalan, dan pengaspalan jalan di lingkungan ini, serta untuk saluran air saya meminta kepada Sumber Daya Air Jakarta Barat untuk bisa segera mengerjakan saluran air di titik-titik yang ditunjuk," tutur Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta itu.

Selain itu, Kent juga membantu sekolah PAUD dan Bimbel yang kekurangan peralatan alat tulis di Jalan Manunggal, RT 004 RW 01, Kelurahan Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

"Berdasarkan pengelola PAUD mereka sudah beberapa kali meminta bantuan ke Pemda DKI tetapi tidak pernah terakomodir, dikarenakan sekolah yang di kelola beliau tidak mempunyai surat-surat yang lengkap, jadi tidak bisa menerima bantuan. Rata-rata masyarakat yang tinggal di wilayah ini menyekolahkan anak-anaknya di sekolah ini, oleh karena itu Saya menyisihkan sedikit dari gaji bulanan untuk membantu sekolah ini, supaya bisa lebih maksimal lagi dalam melayani murid-murid bersekolah," ujar Ketua IKAL (Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI) PPRA Angkatan LXII itu.

Tak hanya itu, Kent yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) DPD PDIP DKI Jakarta itu juga memberikan bantuan kepada korban kebakaran di wilayah Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dan mendirikan Posko Siaga Bencana PDI Perjuangan di lokasi kebakaran.

"Kiranya apa yang kami perbuat ini bisa mendatangkan manfaat untuk warga yang terdampak kebakaran. Tetap menjadi kewajiban kita semua sebagai makhluk sosial untuk selalu hadir dalam aksi kemanusiaan, apapun itu bentuknya," tutur Kent.

Lebih lanjut, Kent mengimbau kepada warga jika meninggalkan rumah agar terlebih dulu mengecek kembali kondisi rumahnya, dan memastikan kompor di rumah sudah dalam keadaan mati.

Selain itu juga, Kent juga meminta kepada warga agar jangan menyambung kabel dengan sembarang yang bisa berdampak korsleting listrik hingga terjadi kebakaran yang bisa merugikan orang lain.

"Cek keadaan kompor lalu pastikan juga kabel dan peralatan listrik dalam kondisi baik, dan jangan berikan beban yang berlebihan pada sirkuit listrik. Jangan menyambung listrik secara sembarang untuk menghindari dan mencegah kebakaran rumah kembali terjadi lagi di lingkungan kita. Jangan panik usahakan tetap tenang, dan hubungi layanan kedaruratan 112 guna mendapat pertolongan dari instansi terkait," ucapnya.
Baca juga: Anggota DPRD: Tidak ada tempat bagi bandar narkoba di Jakarta Barat
Baca juga: Legislator DKI ajak masyarakat dukung perpindahan ibu kota ke Kaltim
Baca juga: Nicki Minaj telah dibebaskan dari tuduhan pelecehan dan intimidasi

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022