Jakarta (ANTARA) -
Setelah empat tahun vakum akibat pandemi COVID-19, Tim aerobatik "Jupiter Aerobatic Team" TNI Angkatan Udara kembali menuju ajang internasional.

Tim aerobatik kebanggaan Indonesia ini akan melakoni debutnya di ajang Singapore Air Show (SAS) 2022, di Changie Internasional Airport, Singapura.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, dalam siaran persnya, di Jakarta, Senin, mengatakan, sebelum menuju ajang internasional di Singapura, Jupiter Aerobatic Team​​​​​​​ (JAT) terus mengasah performanya dengan latihan rutin dua sampai tiga kali dalam seminggu di training area Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

"Latihan dilaksanakan rutin 2 - 3 kali seminggu di Wingdikterbang. Latihan makin intensif pada tiga minggu sebelum keberangkatan," ujar Indan.

Penampilan JAT dalam formasi resmi sebelum keberangkatan adalah di ajang HUT FASI ke-50 pada akhir Januari 2022 di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, yang turut disaksikan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

JAT bakal tampil di Singapura dari 15 sampai 18 Februari 2022. Para punggawa JAT terdiri dari J-1 Mayor Pnb Ripdho "Mohawk" Utomo, J-2 Mayor Pnb Gede Ngurah "Viper" SW, J-3 Mayor Pnb PS "Grakle" Anggoro, J-4 Kapten Pnb Bayu "Meerkat" Anugrah, J-5 Mayor Pnb Ferdian "Corbie" Habibi, dan J-6 Mayor Pnb Idam "Godham" Satria.
 
Selama empat hari tampil, JAT rencana akan melaksanakan squence sebanyak 14 manuver "Hi Show" dan "Low Show".

Baca juga: Tim Aerobatik Jupiter kembali ke Yogya setelah misinya di Malaysia
Baca juga: Atraksi JAT TNI AU pukau ribuan warga Pekanbaru
Baca juga: Jupiter Aerobatic Team TNI AU tampil di Langkawi Malaysia

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022