Yogyakarta (ANTARA) - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi 6 Yogyakarta mengingatkan masyarakat untuk bersikap hati-hati dan waspadai terhadap modus penipuan berkedok rekrutmen pegawai PT KAI yang muncul kembali melalui selebaran digital.

"Baru-baru ini beredar kembali selebaran digital yang berisi penerimaan pekerja di PT KAI. Kami pastikan selebaran atau surat itu palsu, hoaks, dan bentuk penipuan," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, selebaran palsu tersebut mencatut alamat resmi anak perusahaan PT KAI, yaitu PT Reska (PT RMU) di Jalan Lempuyangan Nomor 1 Yogyakarta.

Meski demikian, surat bertanggal 6 Februari 2022 tersebut justru membubuhkan logo lama PT KAI. Surat ditandatangani oleh oknum bernama Eko Purwanto yang menjabat sebagai General and Human Resource Director.

Peserta yang dipanggil melalui surat tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat administrasi dan kualifikasi.

"Di PT KAI, seluruh proses rekrutmen secara transparan dan bisa diakses secara langsung melalui website resmi PT KAI," katanya.

Masyarakat yang ingin mengetahui berbagai lowongan pekerjaan atau penerimaan pegawai bisa mengakses secara langsung melalui laman https://recruitment.kai.id/.

Ditegaskan pula bahwa PT KAI tidak pernah kirim pemberitahuan penerimaan pegawai melalui surat karena seluruh hasil seleksi atau penerimaan diumumkan secara terbuka melalui website resmi.

"PT KAI juga tidak memungut biaya apa pun atas proses rekrutmen pegawai dan tidak ada kerja sama dengan agen mana pun," katanya.

Oleh karena itu, Supriyanto mengingatkan kembali masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada terkait dengan informasi lowongan pekerjaan PT KAI dan segera mencari informasi yang benar di website resmi.

Baca juga: Cara kenali dan hindari modus penipuan berkedok lelang mobil online

Baca juga: Komplotan penipu modus gendam lintas provinsi diringkus Polda Jateng

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022