Kami fokus kepada hasil akhir nyata untuk penuhi target transisi energi menuju net zero emission tahun 2060 atau lebih cepat lagi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia akan menampilkan diplomasi hijau berdasarkan semangat kemitraan yang setara dan saling menguntungkan dalam isu transisi energi pada forum Group of Twenty (G20).
 
"Kami menampilkan postur diplomasi hijau yang proaktif, percaya diri, dan mengedepankan aksi nyata," kata Direktur Pembangunan, Ekonomi, dan Lingkungan Hidup Kementerian Luar Negeri Hari Prabowo dalam sebuah diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Selasa.
 
Hari menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia akan menjadi jembatan penghubung antara negara maju dan negara berkembang dengan mengedepankan aspek transisi energi yang inklusif.

Selain itu, pemerintah juga mendorong kemitraan global yang konkret mengacu kepada semangat kesetaraan untuk pemulihan ekonomi yang lebih kuat.
 
"Kami fokus kepada hasil akhir nyata untuk penuhi target transisi energi menuju net zero emission tahun 2060 atau lebih cepat lagi," jelas Hari.
 
Dalam G20, posisi dasar Indonesia pada topik transisi energi adalah ingin menjadi bagian dari solusi dan kemajuan dunia di sektor energi.
 
Hari menggarisbawahi setiap negara memiliki tantangan, karakter, dan peluangnya masing-masing, sehingga Indonesia menghindari pendekatan yang sifatnya one-size fits all dan kebijakan yang terlalu preskriptif yang umumnya diusung oleh negara-negara maju.
 
Menurut Hari, pemerintah Indonesia ingin ada ruang-ruang kebijakan yang tetap mengedepankan negara-negara berkembang.
 
"Indonesia tidak menolak, bahkan menekankan ambisi dalam transisi energi. Namun, ambisi ini harus didasarkan implementasi efektif dari komitmen yang ada," jelasnya.
 
Selain itu, Indonesia juga menekankan agar transisi energi juga mencakup dimensi pembangunan yang berwawasan lingkungan, antara lain pemerataan pembangunan dan pemberantasan kemiskinan, sehingga transisi energi bisa berjalan seiringan dengan keamanan energi, aksesibilitas energi, dan keterjangkauan energi.
 
"Ketahanan energi dan akses energi itu harus dipastikan dan harus menjadi bagian dari upaya transisi energi," pungkas Hari.


Baca juga: Kementerian ESDM sebut ada tiga bahasan utama transisi energi
Baca juga: Indonesia dan isu transisi energi dalam fokus presidensi G20
Baca juga: Forum G20 ajang ciptakan kedaulatan energi hijau dan magnet investasi

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022