Jakarta (ANTARA) - SolidWorks 2022 memungkinkan pelanggan dapat bekerja lebih cepat dan cerdas dengan hadirnya peningkatan-peningkatan baru.

Hadirnya peningkatan tersebut dapat mempercepat inovasi dan merampingkan serta meningkatkan proses pengembangan produk dari konsep hingga manufaktur.

"Jadi pada tahun 2022, fitur ini menampilkan banyak penyempurnaan baru, dan ini benar-benar memungkinkan pelanggan kami bekerja lebih cerdas atau lebih cepat dan bekerja bersama," kata Konsultan Proses Industri Senior Dassault Systemes Andrew Gross dalam acara 3DExperience World 2022 yang diikuti secara daring, pada Selasa waktu setempat.

Baca juga: Dassault Systemes jalankan berbagai inisiatif hadapi pandemi corona

SolidWorks adalah piranti lunak CAD (computer-aided design) terpopuler milik Dassault Systemes untuk merancang dan membuat model tiga dimensi.

Andrew mengatakan pihaknya saat ini sangat berfokus pada kualitas dan ketahanan. Dia menilai SolidWorks 2022 akan lebih andal dari sebelumnya dengan berbagai fitur yang diyakini akan disukai para pelanggan.

SolidWorks 2022 juga membuka kemungkinan bagi pelanggan untuk memanfaatkan kemampuan kolaborasi platform 3DExperience Dassault Systemes, dan meningkatkan keunggulan kompetitif mereka dengan menghubungkan ke portofolio solusi 3DExperience Works.

Mengutip laman resmi, sejumlah peningkatan pada SolidWorks 2022 meliputi alur kerja baru dan peningkatan fitur dalam perakitan serta desain suku cadang, detail gambar, simulasi, dan manajemen data produk.

Terdapat fitur baru pada bagian-bagian seperti pemodelan hibrida dan pembuatan thread eksternal standar. Selain itu, antarmuka pengguna ke bilah pintasan, manajemen konfigurasi hingga toleransi geometrik juga ditingkatkan.

SolidWorks2022 juga mengalami peningkatan pada kualitas dan kinerja saat bekerja dengan rakitan besar, mengimpor file STEP, IFC, DXF/DWG, merinci gambar, dan mengelola data produk.

Peningkatan selanjutnya yaitu optimalisasi kinerja perakitan otomatis tanpa mengkhawatirkan mode dan pengaturan serta grafik tercepat dengan respons dan kualitas tampilan yang ditingkatkan.

SolidWorks 2022 juga memberikan akses ke lingkungan digital kolaboratif platform 3DExperience untuk meningkatkan inovasi dan pengambilan keputusan serta akses ke portofolio 3DExperience Works berbasis cloud dari aplikasi yang diperluas untuk desain, teknik, simulasi, manufaktur, dan tata kelola.

"Sejujurnya, kami sangat senang dengan tingkat kualitas dan kinerja di SolidWorks 2022, dan ada beberapa fitur baru yang luar biasa juga. Dan yang sangat kami harapkan dan ingin kami lakukan adalah membantu pelanggan kami menjadi lebih produktif," kata Andrew.

Baca juga: Dassault Systemes tunjuk Gian Paolo Bassi pimpin 3DEXPERIENCE Works

Baca juga: Kolaborasi teknologi jadi kunci untuk jalani bisnis di 2021

Baca juga: 3DExperience Works bantu tingkatkan produktivitas dan percepat inovasi

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022