Jakarta (ANTARA) - SolidWorks bermitra dengan Yayasan Tangan Prostetik Ellen Meadows (LN4 Hand Project) untuk menggelar kontes desain lengan buatan bertajuk "Arm4All", dengan peserta ditujukan untuk para siswa.

Kontes tersebut bertujuan membantu LN4 Hand Project memproduksi perangkat baru di bawah dan di atas siku, yang melengkapi tangan buatan LN4 yang baru.

"Tahun ini, kami ingin mendaftarkan siswa mana pun melalui kontes desain Arm4All," ujar Wakil Presiden pengembangan bisnis dan strategi Dassault Systemes Suchit Jain dalam acara 3DExperience World 2022 yang diikuti secara daring, Rabu (9/2) waktu setempat.

Pendiri LN4 Foundation Michael Mendonca menjelaskan, pihaknya tengah mencari beberapa anak muda berbakat untuk membantu meningkatkan cara memasang lengan buatan ke penerima.

Baca juga: Dassault Systemes tunjuk Gian Paolo Bassi pimpin 3DEXPERIENCE Works

Diketahui, LN4 Hand Project telah mendistribusikan lebih dari 60.000 tangan buatan di 80 negara dalam 16 tahun terakhir.

"Tahukah Anda ada lebih dari 13 juta orang di dunia yang kehilangan setidaknya sebagian dari lengan mereka. Kami mencari beberapa orang muda berbakat untuk membantu kami meningkatkan cara kami memasang tangan palsu kami ke lengan penerima," kata Michael.

"Sekarang adalah kesempatan Anda untuk menjadi bagian dari mengubah kehidupan orang lain," tambah dia.

Para peserta diminta untuk merancang perangkat mekanis di atas dan di bawah siku (tanpa bagian listrik/elektronik) yang harus dipasang pada tangan palsu baru yang didistribusikan oleh LN4 Foundation.

Kontes tersebut terbuka untuk semua siswa berusia 16 tahun atau lebih, dan terdaftar di sekolah atau universitas.

Masa pendaftaran akan dimulai pada 9 Februari hingga 9 April, diikuti masa pengiriman pada 20 April hingga 9 Mei.

Proses voting akan dilakukan pada 10 hingga 20 Mei. Adapun pengumuman pemenang dilakukan pada 30 Mei. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman SolidWorks.com/arm4all.

"Jadi untuk semua siswa, Anda jangan lupa untuk mendaftar kompetisi ini dan membantu membuat perubahan," kata Suchit.

Selama beberapa tahun terakhir SolidWorks telah bekerja dengan LN4 Hand membantu menyediakan tangan palsu mekanis gratis untuk semua orang yang membutuhkan.

Adapun SolidWorks adalah piranti lunak CAD (computer-aided design) terpopuler milik Dassault Systemes untuk merancang dan membuat model tiga dimensi.

Baca juga: Smartflyer hingga Exovolar kisahkan pengalaman 3DExperience Works

Baca juga: SolidWorks 2022 mungkinkan pelanggan bekerja lebih cepat dan cerdas

Baca juga: 3DExperience Works bantu tingkatkan produktivitas dan percepat inovasi

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022