Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pengguna 3DExperience Works, mulai dari Smartflyer hingga Exovolar mengisahkan pengalaman mereka selama menggunakan tool SolidWorks yang terhubung itu.

CEO Smartflyer Rolf Stuber menuturkan bahwa menghubungkan pengembangan produk melalui 3DExperience Works telah menyatukan tim desain di Republik Ceko dengan pabrikan mereka di Swiss tengah.

Stuber mengatakan bahwa 3DExperience Works memiliki peranan penting dalam merampingkan proses desain Smartflyer.

"Tim Smartflyer itu kecil dan insinyur desain kami dapat berkonsentrasi pada fungsi utama mereka, mendesain pesawat yang agak rumit ini," kata Stuber dalam acara 3DExperience World 2022 yang diikuti secara daring, pada Selasa (8/2).

Baca juga: 3DEXPERIENCE.WORKS sasar bisnis kecil-menengah

Baca juga: Dassault Systemes perkenalkan 3DEXPERIENCE.WORKS


Smartflyer merupakan industri yang menciptakan pesawat listrik dan mampu mengangkut empat penumpang dengan jarak terbang lebih dari 500 mil.

Stuber menilai dengan 3DEXPERIENCE Works di cloud, pihaknya tidak memerlukan tim TI tersendiri yang memikirkan soal update maupun melakukan mirroring atau mencadangkan data.

"Kami hanya perlu memperhatikan keamanan data. Tim kami dapat berkonsentrasi penuh pada tugas utama mereka. Ini memberi kami agility yang kami butuhkan untuk merancang pesawat ini," ucap dia.

Sementara itu, Founder dan CEO Exovolar Guanhao Wu menjelaskan bahwa 3DExperience Works telah membantu timnya dalam merancang dan membangun exoskeleton dari human-flight bertenaga jet.

Tim yang dipimpin Guanhao menggunakan simulasi selama proses desain, termasuk simulasi aliran exhaust dan optimasi topologi.

Adapun Tujuan Exovolar merancang hal tersebut untuk memberikan pengalaman terbang ala manusia super.

Pengguna lainnya, Naska robotics menilai 3DExperience Works membantu timnya untuk bekerja secara remote dari jarak jauh.

Solusi desain berbasis browser, seperti yang tersedia dalam SolidWorks Cloud offer, memungkinkan tim Naska robotics untuk berkolaborasi dari mana saja dan menyederhanakan pengembangan dengan tool yang terhubung.

Sistem robotik RockFarm di Naska memineralisasi karbon dioksida untuk melawan efek perubahan iklim.

Sistem robotik membangun dinding batu, mengisinya dengan partikel batu berukuran kurang dari 20 mikron yang menyerap karbon dioksida, membilas dinding setelah media batu menjadi jenuh dengan karbon, dan kemudian mengisi ulang dinding dengan bubuk batu penyerap karbon yang segar.

Adapun Co-Founder dan Vice President of Product Development Starc Systems Bruce Bickford mengatakan kemampuan melakukan peningkatan dengan 3DExperience Works menjadi gamechanger untuk Starc.

Pentingnya pengelolaan data berbasis cloud dan integrasi SolidWorks sebagai faktor penting dalam mendukung pertumbuhan besar-besaran selama dua tahun terakhir, kata Product Development Engineer di Starc Systems Darrell Flagg.

Starc Systems merancang dan memproduksi sistem containment sementara yang inovatif dan reusable serta dapat diandalkan oleh pelanggan untuk menampung debu, serpihan, dan noise yang timbul akibat proyek renovasi.

3DExperience Works yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak Dassault Systemes merupakan platform tunggal yang memungkinkan pengguna merancang, mensimulasikan, dan membuat model produk secara tiga dimensi.

Segala sesuatu dan semua orang yang terlibat, baik dalam konsep, desain, simulasi, pembuatan, penjualan, dan proses layanan terintegrasi dalam satu loop berkelanjutan.

Hal itu dimungkinkan karena 3DExperience mengoneksikan semua fungsi SolidWorks via komputasi awan.

Platform tersebut memberikan berbagai manfaat bagi pelanggan seperti kolaborasi yang meningkat, proses produksi yang efisien, dan proses bisnis yang cepat.

Hal itu membantu bisnis yang sedang berkembang menjadi lebih kreatif, efisien dan responsif terhadap perkembangan industri.

Baca juga: 3DExperience Works bantu tingkatkan produktivitas dan percepat inovasi

Baca juga: Dassault Systemes tunjuk Gian Paolo Bassi pimpin 3DEXPERIENCE Works

Baca juga: Dassault Systemes akan luncurkan tiga 3DEXPERIENCE Works

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022