Jakarta (ANTARA) - CEO Solidworks Manish Kumar mengatakan bahwa pihaknya saat ini memfokuskan diri ke lingkungan cloud guna memberi kepraktisan kepada pengguna.

"Dalam lingkungan yang tidak terduga ini, bagaimana Anda bisa produktif? Bagaimana Anda tidak kehilangan pekerjaan? Bagaimana Anda bisa ke pelanggan Anda? Satu-satunya cara adalah Anda harus menggunakan Cloud," kata Manish dalam acara virtual, Jumat (25/2).

Manish menilai, ketika data telah berada di cloud, pengguna bisa berkolaborasi dengan siapa pun dan mengakses data dari mana saja menggunakan perangkat apa pun, sehingga menghadirkan ruang lingkup yang lebih luas.

Baca juga: Dassault Systemes akan luncurkan tiga 3DEXPERIENCE Works

Baca juga: Dassault Systemes tunjuk Gian Paolo Bassi pimpin 3DEXPERIENCE Works


Lingkungan cloud, yang dipadukan dengan kecerdasan buatan dan ilmu data, dapat menghadirkan jenis kemampuan yang sebelumnya dinilai tidak mungkin dilakukan.

SolidWorks kata Manish, memiliki kemampuan tersebut yang memberi kemudahan kepada pengguna saat merancang model.

SolidWorks merupakan piranti lunak CAD (computer-aided design) terpopuler milik Dassault Systemes untuk merancang dan membuat model tiga dimensi.

"Kami menunjukkan kemampuan di mana Anda memilih tepi dari komponen tertentu dan kami dapat memprediksi berapa banyak tepi lain yang mungkin perlu Anda pilih," kata Manish mencontohkan.

"Sekarang semua hal ini akan membantu pengguna kami mengurangi jumlah klik dengan cara yang tidak mungkin dilakukan tanpa kecerdasan buatan. Sekarang setelah data ada di cloud, Anda tentu saja dapat melakukan transformasi semacam ini," tambah dia.

Selain itu, dengan memanfaatkan lingkungan cloud, akan memberikan kemudahan kepada pengguna ketika harus melakukan simulasi yang berat.

"Artinya, jika Anda melakukan simulasi yang sangat berat, kami dapat menggunakan komputasi di cloud. Perangkat menjadi lebih ramah sentuhan. Jadi interaksi yang dilakukan pengguna dengan perangkat mereka, mereka tidak lagi terbatas pada mouse dan keyboard lagi," kata Manish.

Manish menambahkan, melalui penggabungan desain dan simulasi dengan komputasi cloud, hal itu akan memberi kekuatan bagi SolidWorks untuk memberi pelayanan terbaik kepada para pengguna.

Baca juga: SolidWorks dan LN4 Hand Project gelar kontes desain lengan palsu

Baca juga: Smartflyer hingga Exovolar kisahkan pengalaman 3DExperience Works

Baca juga: SolidWorks 2022 mungkinkan pelanggan bekerja lebih cepat dan cerdas

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022