Jakarta (ANTARA) - Lando Norris akan tetap membalap dengan tim McLaren di Formula 1 hingga akhir 2025 menyusul perpanjangan kontrak berdurasi empat tahun pada Rabu.

Pebalap berusia 22 tahun asal Inggris itu sebelumnya telah mendapatkan kontrak berdurasi multi tahun pada tahun lalu. Kesepakatan baru itu kini mengamankan masa depan Norris hingga keseluruhan era regulasi F1 saat ini.

Rekan satu timnya, Daniel Ricciardo, mengantongi kontrak hingga akhir 2023.

"Kesempatan untuk memperpanjang hubungan kami dengan Lando merefleksikan bukan hanya komitmen kami, tapi juga keyakinan dan kepercayaan terhadap talentanya," kata kepala tim McLaren Andreas Seidl dalam laman resmi McLaren.

Baca juga: Norris khawatir ganggu duel Hamilton vs Verstappen di Abu Dhabi 

Menurut Seidl, Norris telah menunjukkan perkembangan yang signifikan sebagai pebalap muda di F1 selama empat tahun terakhir dan telah menjadi bagian penting dari momentum tim menuju target mereka.

"Kami masih dalam perjalanan untuk bertarung di papan atas dan Lando adalah elemen kunci dari rencana kami, jadi mengamankan tempatnya, bersama Daniel dan kepemimpinan senior kami, memberikan kami stabilitas dan keberlanjutan saat kami menuju tujuan akhir bersama di kejuaraan dunia."

Norris debut di F1 dengan McLaren pada 2019 setelah sebelumnya menjalani peran sebagai pebalap cadangan dan test driver.

Musim lalu menjadi tahun terbaiknya, saat ia nyaris mengklaim kemenangan perdananya dari pole position pertamanya di Rusia sebelum kesalahan pemilihan ban membuat posisinya melorot ke belakang.

Empat podium yang ia raih membuatnya finis peringkat enam klasemen pebalap dan membantu McLaren ke peringkat empat konstruktor.

Baca juga: Kualifikasi GP Rusia: Norris klaim pole position perdana 

Meskipun melorot satu posisi, Mclaren merayakan kemenangan pertamanya sejak 2012 ketika Ricciardo dan Norris finis 1-2 di Grand Prix Italia.

Ditenagai mesin Mercedes, McLaren memiliki target kembali ke papan atas saat F1 menerapkan regulasi baru yang didesain untuk membuat balapan semakin ketat hingga akhir 2025 sebelum power unit generasi baru diperkenalkan.

"Saya telah tumbuh di tim ini dan saya bagian dari perjalanan yang kami semua," ujar Norris.

"Musim lalu satu lagi langkah yang besar, baik dalam karier saya dan performa tim, dan saya melihat serta merasakan semua kerja, investasi dan komitmen dari tim ini untuk berada di posisi penantang kemenangan dan gelar juara di masa depan. 

"Ini semua memberi saya kepercayaan diri yang sangat besar menuju ke depan, jadi memperpanjang hubungan kami untuk beberapa tahun ke depan adalah keputusan yang alami." 

Baca juga: GP Belgia: Norris kena penalti lima posisi grid karena ganti girboks 
Baca juga: McLaren perpanjang kontrak Lando Norris 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022