Makassar (ANTARA) - Tim SAR dan Brimob Batalyon C Pelopor menggelar latihan gabungan di wilayah darat dan laut untuk mengasah kemampuan demi mengantisipasi terjadinya bencana.

"Latihan gabungan ini terdiri atas personel SAR Brimob Batalyon C Pelopor, Kodim 1407/Bone, Polair Polres Bone, Basarnas, BPBD, dan Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone," kata Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Kompol Nur Ichsan dalam keterangan persnya di sela kegiatan latihan gabungan tersebut di Kabupaten Bone, Sulsel, Rabu.

Baca juga: Basarnas evakuasi korban banjir Bone Bolango

Baca juga: Tiga rumah hanyut akibat banjir di Bone Bolango


Menurut dia, latihan ini merupakan wujud penjabaran program prioritas Kapolri terkait dengan sinergi dan soliditas TNI-Polri serta potensi SAR lainnya.

Selain itu, lanjut dia, tujuan dari kegiatan itu adalah untuk menyamakan persepsi dan pemantapan koordinasi dengan seluruh potensi SAR yang ada, khususnya di Kabupaten Bone.

Dia mengatakan latihan ini digelar selama dua hari, yakni hari pertama dilaksanakan latihan SAR laut di Pelabuhan Bajoe dan hari kedua latihan SAR darat di Kantor Basarnas Bone.

Baca juga: Brimob sterilkan lokasi penemuan bom peninggalan perang di Bone

Ia mengimbau peserta latihan agar melaksanakan secara serius, sehingga hasilnya pun akan maksimal. "Semoga semua itu dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar, serta yang paling penting utamakan keselamatan selama kegiatan," ujarnya.

Hasil dari latihan gabungan ini, lanjut dia, untuk mengasah kemampuan dalam penanganan bencana alam jika sewaktu-waktu terjadi.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022