Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (9/2) mulai dari Gunung Anak Krakatau berstatus waspada hingga Ajang MotoGP di Mandalika resmi memakai nama Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Gunung Anak Krakatau berstatus waspada

Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral saat ini masih menetapkan status waspada untuk Gunung Anak Krakatau walaupun beberapa waktu lalu sempat terjadi aktivitas vulkanik.

Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono mengatakan pihaknya terus melakukan evaluasi data secara menyeluruh untuk melakukan estimasi potensi ancaman bahaya dari gunung api tersebut.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Tutup PLTU batu bara butuh 8,58 miliar dolar AS

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut dibutuhkan sekitar 8,58 miliar dolar AS investasi untuk menutup pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara hingga 2030 mendatang.

"Pensiun dini PLTU dan menggantinya dengan energi terbarukan memungkinkan dengan dukungan investasi. Total 5,5 Giga Watt (GW) pensiun dini akan mungkin dilakukan sebelum 2030 dengan 8,58 miliar dolar AS dukungan investasi," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Defisit 2022 dekati 4 persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksikan defisit anggaran tahun ini akan mendekati empat persen atau lebih rendah dari yang telah ditetapkan yakni 4,85 persen terhadap PDB atau Rp868 triliun.

"Kami berharap defisit akan semakin mendekati empat persen pada akhir tahun 2022," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

4. RI mitra dagang penting

Senior Partner McKinsey and Company Detlev Mohr menyebut Indonesia merupakan mitra dagang penting Asia dan juga seluruh dunia, di mana Indonesia menawarkan pasar yang besar dan berbagai kebijakan investasi yang mampu menarik perhatian dunia.


"Indonesia adalah mitra dagang penting di Asia maupun seluruh dunia. Indonesia juga berpeluang meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) di waktu mendatang dengan memanfaatkan berbagai peluang yang dimiliki," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Pertamina Grand Prix of Indonesia untuk nama MotoGP Mandalika

Ajang MotoGP di Mandalika kini resmi memakai nama Pertamina Grand Prix of Indonesia sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pertandingan olahraga sepeda motor internasional ke Indonesia.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati berharap perlombaan itu dapat membantu pemulihan ekonomi nasional, meningkatkan potensi pariwisata, memajukan ekosistem olahraga balap motor, sekaligus menjadi momentum kebanggaan Indonesia dan semangat untuk bangkit dari pandemi COVID-19.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022