Jakarta (ANTARA) - Perusahaan e-commerce enabler Sirclo membantu ribuan pedagang di mal-mal ITC Group untuk berjualan online sehingga diharapkan mereka bisa beradaptasi dan tumbuh di tengah pandemi COVID-19.

Dalam program ini, Sirclo menggandeng ITC Group sebagai operator mal yang membawahi 30.000 tenant di 12 pusat pembelanjaan yang tersebar di Jabodetabek untuk mengembangkan strategi multichannel lewat program bertajuk ITC Store.

Baca juga: SIRCLO akuisisi Warung Pintar masuki sektor retail

"Melalui kolaborasi ini, selain ingin mendukung para pelaku bisnis di ITC yang saat ini masih terdampak pandemi. ITC Store juga menjadi bukti bahwa cara berjualan online dan offline tidak seharusnya saling mendisrupsi," kata Ferry Tenka, CEO of Enterpreneur Solutions Sirclo, dalam pernyataannya, dikutip Kamis.

Sirclo, katanya, ingin memperlihatkan juga bahwa pengalaman berbelanja yang ditawarkan e-commerce dan toko offline bisa saling melengkapi dan mampu tumbuh bersama-sama.

Melalui program ITC Store ini, para tenant yang terdapat di ITC akan dibantu untuk beradaptasi ke ranah online untuk memaksimalkan penjualannya, dengan menghubungkan tokonya ke beragam ekosistem lokapasar yang saat ini hadir di Indonesia.

Kolaborasi Sirclo dan ITC Group mulai diinisiasi sejak Oktober 2021 dan mendapat tanggapan yang luar biasa dari pengguna. Terbukti, setelah dua bulan berjalan, transaksi online tenant ITC baik di webstore maupun lokapasar bertumbuh hampir 30 kali lipat.

Baca juga: Sirclo bagikan bingkisan untuk para "pahlawan" digital

Tidak hanya itu, peningkatan jumlah tenant ITC yang telah melalui fase onboarding dalam platform toko online Sirclo juga mencapai 10 kali lipat sepanjang Oktober 2021 sampai Januari 2022. Hingga saat ini, kurang lebih 4.000 tenant ITC yang tersebar di tiga titik, yaitu ITC Mangga Dua, Mall Mangga Dua, dan ITC Roxy Mas, sudah berjualan online.

"Transformasi cara belanja masyarakat melalui online shopping membuat pelaku bisnis offline harus melakukan adaptasi dan untuk itu ITC membuka channel online untuk para pedagangnya. Program ITC Store akan memfasilitasi lebih banyak pelaku bisnis ritel ITC offline untuk go digital," kata Christine N. Tanjungan, ITC Division Head.

Untuk semakin mengoptimalkan program ITC Store, Sirclo juga menggandeng Shopee sebagai mitra e-commerce. Dukungan yang diberikan Shopee kepada para tenant ITC yang bergabung dalam program ITC Store ini antara lain berupa laman khusus yang memberikan dukungan exposure lebih bagi toko-toko ITC Store yang ada di platform Shopee, dengan tajuk “ITC Store Festival”.

Daniel Minardi, Heads of Brands Management and Digital Products Shopee Indonesia mengatakan melalui Kampanye "ITC Store Festival” di Shopee yang akan dimulai dari tanggal 7 - 11 Februari 2022, pengguna setia Shopee akan dimanjakan dengan berbagai promo belanja menarik seperti diskon hingga 70 persen, dan ada lebih 100 merek yang dikurasi.

Baca juga: Sirclo dapat suntikan pendanaan baru Rp515 miliar

Baca juga: Sirclo donasikan 800 paket untuk keluarga nakes terdampak COVID-19

Baca juga: Dua perempuan pengusaha berbagi pengalaman jualan online

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022