Rekan-rekan pers yang selalu menyuguhkan informasi terkait pandemi ini, tentunya sudah bisa kita posisikan sebagai salah satu bagia pahlawan yang berjuang di garda terdepan dalam upaya melawan COVID-19
Bogor, Jabar (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Bogor, Jawa Barat  Atang Trisnanto menyatakan bahwa wartawan adalah salah satu bagian petugas publik yang menjadi pahlawan di garda depan melawan pandemi COVID-19 dengan tidak lelah tetap turun ke lapangan meliput berbagai peristiwa dan kegiatan pencegahan penyakit menular tersebut.

"Saya nilai, rekan-rekan pers yang selalu menyuguhkan informasi terkait pandemi ini, tentunya sudah bisa kita posisikan sebagai salah satu bagia pahlawan yang berjuang di garda terdepan dalam upaya melawan COVID-19,” katanya saat dihubungi ANTARA di Kota Bogor, Kamis.

Menurut dia DPRD yang sering berinteraksi dengan wartawan atau insan pers merasa seperjuangan untuk mengawal semua tetap berjalan berangsur cukup baik selama pandemi COVID-19.
 
Ia mengemukakan bahwa momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2022 dan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang bertepatan pada Rabu (9/2) pasti cukup berkesan bagi semua insan pers karena berlangsung masih dalam situasi pandemi.
 
Ditegaskannya bahwa kasus COVID-19 yang sempat melandai hingga awal Januari 2022, kini mulai kembali meningkat seiring penyebaran varian baru Omicron.
 
"Peran pers akan kembali diuji untuk tetap siaga di barisan depan bersama pemerintah daerah, DPRD dan aparat keamanan untuk menyosialisasikan kewaspadaan kepada masyarakat," kata mahasiswa S3 Program Doktor Ilmu Pengelolaan Sumber Daya Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB) University itu.
 
Dalam kaitan itu, kata dia, tidak terlepas kehadiran pers dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia sangat penting dan menjadi kunci kemajuan bangsa Indonesia selama beberapa dekade terakhir.

Ia berharap pers terus mengusung nilai-nilai demokrasi, menyajikan informasi faktual objektif dan edukatif pada masyarakat sebagai bagian mencerdaskan bangsa.

"Dan terkhusus sahabat-sahabaku insan pers senantiasa mendapatkan kesehatan, kebahagiaan peningkatan kesejahteraan," katanya.
Peran penting yang dipegang oleh insan pers ini, katanya, juga terus dijaga hingga saat ini, hingga masyarakat selalu disuguhkan berita dan informasi aktual terkait pandemi COVID-19 yang sudah melanda Indonesia.

“Kehadiran pers di tengah pandemi ini, tentu menjadi lilin terang, di tengah gelapnya kehidupan akibat pandemi," katanya.
 
Wartawan tetap berada di lapangan bertemu dengan berbagai lapisan masyarakat, meski ancaman pandemi bukanlah sesuatu yang ringan.
 
Ia pun berharap seluruh insan pers, termasuk anggota PWI bisa terus memberikan goresan penanya untuk bangsa Indonesia, dengan tujuan mencerdaskan bangsa, sekaligus menjadi kontrol sosial bagi sistem pemerintahan.
 
“Semoga seluruh insan pers dan PWI, terus bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa kita. Semoga Allah senantiasa berikan kesehatan dan kesejahteraan yang jauh lebih baik," demikian Atang Trisnanto.

Baca juga: Ketua DPRD Kota Bogor donor plasma konvalesen bantu pasien COVID-19

Baca juga: Dewan Pers dorong media massa suarakan semangat-optimisme saat pandemi

Baca juga: Warga isolasi mandiri dibantu paket logistik Ketua DPRD Kota Bogor

Baca juga: Peneliti sebut wisata halal adalah konsep pariwisata futuristik

 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022