Mereka akan di bubble terus sampai lima hari
Jakarta (ANTARA) - Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas COVID-19 Alexander Kaliaga Ginting mengemukakan aksi swafoto di ruang terbuka yang dilakukan sejumlah pebalap MotoGP di Mandalika, Lombok, dilakukan pada area gelembung karantina.

"Mereka ini setahu saya karantina bubble (gelembung). Sepanjang bubble-nya tidak pecah, mereka akan di bubble terus sampai lima hari," ujar Alexander Kaliaga Ginting yang dikonfirmasi Antara melalui sambungan telepon di Jakarta, Kamis.

Alexander mengatakan swafoto para pebalap itu berada pada lingkungan di sekitar penginapan yang juga masuk dalam area zona karantina. "Sepertinya tempat mereka swafoto berada di pantai sekitar hotel Novotel yang juga zona karantina dari depan ke samping," ujarnya.

Alexander mengatakan konsep gelembung pada prinsipnya mencegah terjadinya interaksi para peserta MotoGP Mandalika dengan masyarakat sekitar.

"Bubble itu dalam satu gelembung 'stick in together'. Mereka yang berada di dalamnya harus sudah vaksinasi, PCR dengan hasil negatif, laporan klinis baik dan bersama terus, tidak boleh pecah gelembungnya," katanya.

Baca juga: Penyelenggara tegaskan sistem "bubble" MotoGP Mandalika berjalan ketat

Baca juga: Satgas tak wajibkan pembalap-ofisial MotoGP Mandalika jalani karantina


Alexander menambahkan pelaku perjalanan gelembung atau travel bubble memiliki batasan ruang gerak pada area yang telah ditentukan berdasarkan Surat Edaran Satgas Nomor 5 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Sistem Bubble Kegiatan MotoGP Mandalika Pada Masa Pandemi COVID-19.

"Bubble mulai dari bandara ke hotel, ke sirkuit terus balik lagi ke hotel, tiap hari di test baik rapid atau PCR," katanya.

Penerapan sistem bubble di Sirkuit Mandalika menuai komentar beragam warga net lantaran banyak pebalap MotoGP yang keluyuran untuk menikmati pemandangan di sekitar hotel tempat mereka menginap.

Sejumlah warga net di kolom komentar pada postingan foto tersebut mengkhawatirkan adanya interaksi pebalap yang keluyuran dengan masyarakat sekitar sebab berpotensi menularkan virus Corona.

Sementara itu, tes MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung selama tiga hari. Tes tersebut akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, pada 11-13 Februari 2022.

Baca juga: 23 hotel disiapkan travel bubble tes pramusim MotoGP Mandalika

Baca juga: Satgas terbitkan aturan "travel bubble" untuk MotoGP Mandalika

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022