Jakarta (ANTARA) - Pihak Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat menyatakan telah menyalurkan 1.255 paket sembilan bahan pokok (sembako) bagi warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Kepala Sudin Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat Abdul Salam menjelaskan bahwa paket sembako tersebut merupakan bantuan yang telah disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sosial.

Baca juga: 369 petugas PJLP Jaktim terima bantuan sembako dan vitamin

"Saat ini bantuan sembako yang sudah disalurkan kepada masyarakat melalui kelurahan adalah bantuan yang memang disiapkan dari Dinas Sosial," kata Abdul Salam saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Kamis.

Abdul Salam menuturkan pihak kelurahan hanya perlu mengisi formulir yang diberikan oleh Sudin Sosial Jakarta Pusat untuk mengajukan bantuan bansos.

Kelurahan juga harus melampirkan data warga yang terpapar COVID-19 atau data "by name by address" (BNBA) guna memastikan bantuan diterima tepat sasaran.

Kemudian pihak kelurahan tinggal mendistribusikan bantuan sembako tersebut langsung kepada warga yang menjalani isoman.

Baca juga: Korban kebakaran di Matraman terima bantuan sembako

"Jika ada warga isoman yang belum mendapatkan sembako, dapat langsung melapor ke RT/RW agar kelurahan dapat mengajukan kembali ke Dinas Sosial," kata dia.

Sementara itu, Kelurahan Mangga Dua Selatan Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, memberikan bantuan sembako kepada warga yang menjalani isoman.

Lurah Mangga Dua Selatan Agatha Bayu Putra mengatakan pemberian bantuan sembako terdiri dari 20 kg beras, 2 liter minyak goreng, satu dus mie instan, tujuh kaleng sarden, dan satu kaleng biskuit.

"Bantuan ini merupakan tahap yang terakhir kepada 30 Kepala Keluarga (KK), sebelumnya kami sudah menyalurkan kepada warga yang isoman yang tersebar di 10 RT dari 12 RW," ungkap Agatha.


Baca juga: Pemprov DKI-peritel salurkan 7.500 paket sembako untuk warga isoman

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022