warga sudah mulai banyak yang sembuh
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat menyebutkan jumlah zona merah COVID-19 di Jakarta Barat turun dari 37 titik menjadi 25 titik pada Kamis.

"Datanya sudah menurun karena banyak wilayah yang sudah beralih ke zona kuning, warga sudah mulai banyak yang sembuh," kata Pelaksana Tugas Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Yudi Dimyati saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Yudi Dimyati mengatakan daerah yang masih zona merah yang saat ini masih memberlakukan karantina wilayah skala kecil atau micro lockdown.

Zona merah tersebut tersebar di empat kecamatan yakni Pal Merah, Kalideres, Cengkareng, dan Kembangan.

Zona merah di kawasan Kembangan tercatat ada 11 titik, tujuh titik di Cengkareng, lima titik di Pal Merah, dan terakhir dua titik di Kalideres.

Sejauh ini, upaya yang dilakukan pihaknya di kawasan zona merah tersebut adalah memberlakukan micro lockdown dan meningkatkan intensitas pelacakan atau tracing.

Hal tersebut dilakukan guna memantau penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut. Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan tiga pilar yakni Polisi, TNI, dan Satpol PP untuk menjaga lokasi micro lockdown sambil menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan.

Dengan upaya tersebut, Yudi yakin tingkat penyebaran COVID-19 di Jakarta bisa ditekan dan jumlah zona merah semakin berkurang.

Sebelumnya, Wakil Kapolres Metro Jakarta Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Bismo Teguh Prakoso mengatakan saat ini ada 37 titik berkategori zona merah COVID-19 yang sempat diberlakukan micro lockdown.

"Titik zona merah itu tersebar di beberapa kecamatan di antaranya Pal Merah, Kalideres, Cengkareng, dan Kembangan," katanya.

Bismo mengatakan, titik zona merah tersebut kini tengah menjalani karantina skala mikro untuk mengurangi aktivitas keluar masuk warga di lokasi.

Jumlah titik zona merah itu diperkirakan akan turun dalam waktu dekat karena beberapa titik akan lepas dari status zona merah COVID-19.

"Kalau pun jumlah titik zona merah itu nantinya berkurang, masyarakat masyarakat agar tetap taat pada prokes," tutur Bismo.
Baca juga: Lima titik zona merah COVID-19 ada di Pal Merah Jakarta Barat
Baca juga: Polres sebut ada 37 titik zona merah di Jakarta Barat
Baca juga: Sejumlah warga di satu RT di Pasar Manggis jalani isoman
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022