Jakarta (ANTARA) -
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengapresiasi peran pers yang konsisten menyebarkan informasi terkini terkait penanganan COVID-19.
 
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis, menilai pers konsisten menyebarkan informasi terkini dan terukur, serta tetap membangkitkan semangat dan optimisme masyarakat.
 
"Tidak sedikit dari teman-teman media yang juga tertular bahkan gugur saat bertugas. Terima kasih atas pengabdiannya yang tanpa batas," ujar Wiku terkait peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh pada Rabu, 9 Februari 2022.
 
Ia mengingatkan penyebaran hoaks, misinformasi, dan disinformasi masih menjadi tantangan media di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Baca juga: Satgas: Tekan kasus sehingga kematian akibat COVID-19 tidak bertambah

Baca juga: Satgas dorong pemda evaluasi penanganan COVID-19 di wilayahnya
 
"Media dapat berkontribusi lebih dengan melakukan tindakan cepat penanggulangan berita salah yang sudah terlanjur menyebar di masyarakat," katanya.
 
Secara khusus, ia meminta kepada masyarakat untuk mendukung pembentukan sirkulasi informasi yang sehat dengan tidak mudah menyebarkan informasi jika belum yakin dengan kebenarannya, baik isi dan sumbernya.
 
"Ke depan mari kita kuatkan kolaborasi penyampaian informasi sesuai kaidah dan etika ilmiah serta jurnalistik demi diseminasi informasi yang merata ke seluruh tatanan masyarakat," tuturnya.*

Baca juga: Satgas: Kasus positif meningkat cukup besar dibanding awal Januari

Baca juga: RI berhasil lewati libur Tahun Baru dengan kasus terkendali

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022