London (ANTARA News/AFP) - Pasar saham Eropa melonjak pada awal perdagangan Senin, karena investor menyambut berita tentang kesepakatan di menit terakhir untuk meningkatkan pagu utang Amerika Serikat (AS), dan menghindari bencana default (gagal bayar) di ekonomi terbesar dunia tersebut.

Indeks acuan FTSE 100 dari saham utama di London melompat 1,04 persen menjadi 5.875,49 poin, indeks DAX 30 di Frankfurt naik 1,34 persen menjadi 7.234,50 poin dan di indeks CAC 40 Paris menguat 1,28 persen menjadi 3.718,38 poin.

"Jadi kami memiliki kesepakatan tentang pagu utang dari Washington, tapi dengan Presiden Obama menyebutnya moderat," kata analis IG Markets, Cameron Peacock.

Ia menimpali, "Apa lagi, paket masih harus melalui pemilihan suara dan itu adalah sesuatu yang akan terjadi dalam beberapa hari mendatang, tapi setidaknya pasar secara umum menemukan beberapa hiburan dari berita bahwa default tampaknya telah dihindari."

Presiden AS Barack Obama mengumumkan kesepakatan Minggu jam 11 malam untuk mencegah default utang yang berpotensi bencana bagi Amerika Serikat.

Kesepakatan itu akan meningkatkan pagu utang negara 14,3 triliun dolar AS sekitar 2,4 triliun dolar AS dalam dua langkah, sementara menyerukan kira-kira jumlah sama tentang pemotongan pengeluaran selama 10 tahun.

"Saya ingin mengumumkan bahwa para pemimpin dari kedua belah pihak kedua kamar telah mencapai kesepakatan yang akan mengurangi defisit dan menghindari default, sebuah default akan memiliki dampak buruk terhadap perekonomian kita," kata Obama, Minggu malam di Washington.

Di Kongres AS, para pemimpin Demokrat yang menguasai Senat dan Partai Republik yang memimpin DPR mengatakan bahwa mereka akan menyajikan kerangka kerja untuk kebanyakan orang mereka pada Senin menjelang akhir pemungutan suara untuk menyetujui kesepakatan itu.
(Uu.A026/M012)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011