Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa menguat pada awal perdagangan Rabu, karena selera risiko didukung oleh serangkaian pembaruan laporan laba perusahaan yang positif, menetapkan indeks acuan di jalur untuk kenaikan beruntun terpanjang sejak November 2021.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,3 persen pada pukul 08.15 GMT, didorong oleh saham teknologi yang sensitif terhadap suku bunga.

Pemasok semikonduktor Belanda ASM International NV melonjak 7,7 persen karena melaporkan pendapatan kuartal keempat lebih cepat dari perkiraannya, mengutip kondisi rantai pasokan yang lebih baik dari perkiraan dan konversi backlog yang lebih tinggi.

Indeks acuan telah naik hampir 7,5 persen di awal yang optimis tahun ini, didorong oleh harapan rebound ekonomi China, mengurangi tekanan harga, jatuhnya gas alam berjangka dan meningkatnya ekspektasi resesi yang lebih ringan dari perkiraan.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik tipis, bersiap catat kenaikan mingguan kedua

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV bahwa dia yakin ekonomi terbesar Eropa itu tidak akan jatuh ke dalam resesi, meskipun harga energi dan pangan melonjak setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Dalam gerakan yang didorong laba lainnya, grup perusahaan barang mewah Richemont naik 2,4 persen setelah melaporkan penjualan triwulanan yang lebih tinggi karena turis kembali ke Eropa dan Jepang.

Saham perusahaan pengiriman makanan terbesar di Eropa Just Eat Takeaway.com NV melonjak 14,2 persen setelah perusahaan mengonfirmasi menempatkan profitabilitas di atas pertumbuhan bahkan saat pesanan kuartal keempat merosot.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat ketika investor menunggu data inflasi AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023