Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (10/2) mulai dari travel bubble akan pacu ekonomi hingga MotoGP Mandalika menambah daya tarik Indonesia di mata dunia.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Travel bubble pacu ekonomi

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menyebut kebijakan travel bubble yang diterapkan selama perhelatan ajang MotoGP dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah wisata seperti Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Ini tentu tidak secepat yang bisa kita harapkan, karena tergantung dari sentimen yang tergantung pada keberhasilan negara-negara itu semua mengendalikan kondisi pandemi," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Peran swasta capai SDGs

Administrator Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) Achim Steiner meminta Presidensi G20 Indonesia dapat mendorong peran modal swasta dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dan perubahan iklim.

“Saya berharap selama G20 Presidensi Indonesia ini akan menjadi fokus yakni peran modal swasta semakin diakui sebagai hal yang penting untuk mencapai SDGs dan Perjanjian Paris,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. MotoGP Mandalika tambah daya tarik RI

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan penyelenggaraan MotoGP Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi sarana promosi yang efektif sehingga menambah daya tarik (country branding) Indonesia di mata dunia.

Dia mengajak semua pihak untuk memperkuat kolaborasi dalam mempersiapkan ajang balap tersebut yang akan berlangsung kurang dari 45 hari.

Berita selengkapnya klik di sini

4. BI tambah likuiditas perbankan

Bank Indonesia (BI) telah menambah likuiditas alias melakukan quantitative easing di perbankan sebesar Rp10,34 triliun sejak 1 Januari hingga 8 Februari 2022, sehingga kondisi likuiditas di perbankan tetap longgar.

Bank sentral juga melanjutkan pembelian SBN di pasar perdana untuk pendanaan APBN 2022 sebesar Rp3,56 triliun melalui mekanisme lelang utama sesuai dengan Keputusan Bersama Menteri Keuangan dan Gubernur BI yang berlaku hingga 31 Desember 2022.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Biaya angkut tol laut murah

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan kapal tol laut karena memiliki keuntungan yaitu biaya angkut yang lebih rendah.

Budi mengatakan pemerintah bahkan memberikan stimulus berupa potongan biaya angkut sebesar 50 persen dari biaya angkutan muatan berangkat, sehingga biaya untuk muatan balik kapal tol laut biayanya bisa lebih rendah lagi.

Berita selengkapnya klik di sini

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022