H (ANTARA) - Pasar saham Asia jatuh pada perdagangan Jumat pagi, setelah data inflasi AS yang tinggi dan komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve memicu spekulasi kemungkinan kenaikan suku bunga AS secara agresif yang berdampak pada lonjakan imbal hasil (yields) obligasi pemerintah AS.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang merosot 0,76 persen, dengan sebagian besar pasar berada di zona merah, meskipun kebangkitan saham properti membantu pasar China yang lebih besar. Pasar Jepang ditutup untuk hari liburan.

Indeks yang melacak perusahaan properti daratan yang tercatat di Hong Kong naik 2,0 persen dan satu yang melacak real estat di China naik 1,0 persen setelah laporan media bahwa China akan memungkinkan perusahaan real estat akses lebih mudah ke hasil pra-penjualan dari proyek perumahan, melonggarkan tekanan likuiditas di sektor ini.

Pergerakan yang lebih luas di seluruh saham Asia mengikuti data AS pada Kamis (10/2/2022) yang menunjukkan harga-harga konsumen melonjak 7,5 persen bulan lalu pada basis tahun-ke-tahun, melampaui perkiraan ekonom sebesar 7,3 persen dan menandai kenaikan inflasi tahunan terbesar dalam 40 tahun.

Sentimen semakin memburuk setelah Presiden Federal Reserve Bank St. Louis, James Bullard mengatakan data telah membuatnya "secara dramatis" lebih hawkish. Bullard, anggota pemungutan suara komite penetapan suku bunga Fed tahun ini, mengatakan dia sekarang menginginkan persentase penuh kenaikan suku bunga pada 1 Juli.

Meskipun Bullard adalah salah satu pembuat kebijakan Fed yang lebih hawkish, kontrak yang diperdagangkan di CME Group memperkirakan peluang 88 persen dari kenaikan 50 basis poin pada Maret dan peluang hampir 95 persen setidaknya 100 basis poin pada Juni, naik tajam dari sebelum data.

Pasar AS semalam telah dilanda aksi jual lebih agresif daripada di Asia pada Jumat pagi, dengan indeks Dow Jones Industrial Average jatuh 1,47 persen, indeks S&P 500 kehilangan 1,81 persen dan Indeks Komposit Nasdaq jatuh 2,1 persen.

Indeks berjangka E-mini untuk S&P 500 turun 0,46 persen di awal perdagangan Asia.

"Pandangan kami adalah bahwa saham Asia tidak dinilai terlalu tinggi seperti ekuitas AS sehingga harus ada ketahanan selektif," kata Lorraine Tan, Direktur Riset Ekuitas Morningstar di Asia, sambil menambahkan bahwa pasar masih mencerna biaya modal yang lebih tinggi daripada yang sudah digunakan.

"Karena itu, kami pikir pasar telah memperhitungkan kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah 10-tahun menjadi 2,0-2,5 persen. Risiko dan ketakutan yang akan mengarah pada aksi jual yang lebih tajam adalah jika imbal hasil bergerak di atas level ini."

Imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun mencapai 2,0 persen untuk pertama kalinya sejak Agustus 2019, dan terakhir di 2,0329 persen.

Obligasi dua tahun, yang biasanya bergerak sejalan dengan ekspektasi suku bunga, menghasilkan 1,5643 persen setelah melonjak tajam setelah data IHK.

"Reaksi itu cukup signifikan ketika Anda mempertimbangkan para pedagang yang seharusnya memperkirakan angka IHK tertinggi dalam 50 tahun," kata Matt Simpson, Analis Pasar Senior, City Index. "Tetapi dengan inflasi menambahkan 2,1 poin persentase penuh selama empat bulan terakhir saja, itu pekerjaan yang baik The Fed telah membuang istilah sementara," kata Simpson, mencatat bank sentral AS tidak lagi menggambarkan kenaikan inflasi sebagai fase sementara.

Lonjakan itu mendorong volatilitas yang signifikan di pasar mata uang pada Kamis (10/2/2022), mengirim dolar ke level tertinggi lima minggu terhadap yen.

Tetapi pergerakan ini melambat pada Kamis (10/2/2022) karena para pedagang mengingat Fed bukan satu-satunya bank sentral yang akan mengetatkan kebijakan, tetapi dolar tetap berada di depan dengan euro jatuh 0,2 persen dan dolar Australia dan Selandia Baru masing-masing turun sekitar 0,3 persen.

Dolar yang lebih tinggi membebani harga minyak, dan minyak mentah AS turun 0,41 persen menjadi diperdagangkan di 89,51 dolar AS per barel. Minyak mentah Brent turun 0,58 persen menjadi diperdagangkan di 90,95 dolar AS per barel.

Emas spot turun 0,05 persen menjadi diperdagangkan di 1.824,21 dolar AS per ounce.

Baca juga: Saham Asia melemah, investor waspada prospek inflasi dan suku bunga AS
Baca juga: Valuasi saham Asia turun ke level terendah 21 bulan
Baca juga: Saham Asia diperdagangkan lebih tinggi, ikuti reli teknologi Wall St

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022