Mexico City (ANTARA News) - Kantor Kejaksaan Agung Meksiko, Senin mengumumkan pengunduran diri jaksa-jaksa federal 21 dari 32 negara bagian di tengah-tengah meluasnya pmbersihan di departemen itu.

Jaksa Agung Marisela Morales dalam satu pernyataan segera setelah "pembersihan penting dl jajaran PGR (Kantor Kejaksaan Agung) un6uk menampung tuntutan masyarakat.

Penguduran diri itu diajukan 29 Juli, kata Rosa Elena Torres,koordinator kantor itu dalam satu pengumuman dan tanpa menjelaskan lebih jauh.

Di antara mereka yang mengundurkan diri itu adalah para jaksa federal untuk Mexico City serta negara-negara bagian Michoacan, Tamaulipas dan Coahuila. beberapa di antara negara-negara bagian yang paling rusuh.

Kantor Kejaksaan Agung Meksiko bertanggng jawab bagi penyelidikan tindak kejahatan utama termasuk perdagangan narkoba, kejahatan yang terorganisasi dan perdagangan senjata.

Sistem peradilan negara itu dikecam luas karena angka kebebasan dari hukuman meningkat 90 prsen di sebuah negara di mana jumlah orang bunuh diri mencapai angka tinggi lebih dari 24.000 orang tahun 2010.

Marales melakukan satu pembersihan sejak berkuasa April termasuk memecat 462 pejabat dari jabatan-jabatan mereka dan menuduh 111 oejbat teribat tidak pidana seperti penggelapan, perampokan dan penyalah gunaan kekuasaan, demikian dilaporkan AFP.

(SYS/H-RN/B002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011