Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional Teguh Juwarno mengingatkan anggota DPR untuk menanggalkan sikap "ewuh-pakewuh" terhadap kondisi tidak nyaman karena pernyataan kontroversial dari Ketua DPR RI Marzuki Alie.

"Saya akan menyampaikan hal tersebut pada rapat konsultasi fraksi-fraksi di DPR RI untuk menggugah teman-teman," kata Teguh Juwarno di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, anggota DPR RI terutama dari Fraksi PAN DPR RI hendaknya menanggalkan sikap "ewuh-pakewuh" terhadap kondisi tidak nyaman karena pernyataan Ketua DPR RI Marzuki Alie.

Teguh mengingatkan, perlunya memberi sinyal bahwa pimpinan DPR RI fungsinya sebagai juru bicara lembaga DPR RI, sehingga harus menyadari bahwa pernyataannya menjadi representasi lembaga DPR RI.

"Pimpinan DPR RI harus menyadari bahwa dirinya memiliki hak yang sama, tidak bisa berbuat semaunya, karena haknya melekat pada lembaga DPR RI," katanya.

Sekretaris Fraksi PAN DPR RI ini mengingatkan, pernyataan kontroversial dari Marzuki Alie, bukan hanya sekali ini.

Sebelumnya, kata dia, Marzuki Ali juga telah beberapa kali melontarkan pernyataan kontroversial, antara lain, ketika menyikapi bencana alam di Pulau Mentawai Sumatra Barat, ketika menanggapi rencana pembangunan Gedung DPR RI, dan menanggapi persoalan tenaga kerja Indonesia. Terakhir, dia menggulirkan wacana untuk membubarkan KPK.

"Pernyataan Marzuki Alie yang menanggapi persoalan tersebut tidak mencerminkan sebagai juru bicara kepemimpinan kolektif DPR RI," katanya.

Teguh Juwarno juga menyatakan rasa herannya, ketika publik melontarkan kritik tajam menanggapi pernyataan Marzuki Alie, yang bersangkutan malah menyalahkan media massa yang dinilai mengutip secara tidak lengkap.

Ia menambahkan, evaluasi terhadao kepeminpinan Marzuki Alie di DPR RI akan terus menggelinding, apakah menjadi mosi tidak percaya atau tidak.

"Kita lihat saja nanti, karena saat ini masih reses," katanya.

Menurut Teguh, dirinya akan menyampaikan usulan mosi tidak percaya pada rapat konsultasi fraksi-fraksi di DPR RI, mendatang.

"Saya akan sampaikan pada rapat konsultasi fraksi-fraksi agar anggota DPR RI berani menyampaikan sikap bahwa pernyataan kontraproduktif dari Marzuki Alie harus yang telah berulang-ulang harus dihentikan," katanya.

Menurut dia, jika fraksi-fraksi sepakat maka kondisi tidak mengenakkan ini tidak bisa dibiarkan.

Fraksi-fraksi, kata dia, bisa menyampaikan harapan kepada Partai Demokrat untuk memberikan yang terbaik kepada institusi DPR RI.(*)
(T.R024/H-KWR)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011