Jakarta (ANTARA News) - Menko Kesra, Agung Laksono menerima secara simbolis batuan hibah mikroskop pemindai elektron dari Hitachi High Tecnologies Singapore di Kantor Kemenko Kesra, Jakarta, Kamis.

Agung mengungkapkan bantuan hibah tersebut selanjutnya akan disampaikan pada lima universitas yakni Universitas Sumatera Utara (Medan), Universitas Kristen Indonesia (Jakarta), Universitas Padjajaran (Bandung), Universitas Jenderal Soedirman (Puwokerto) dan Universitas Muhammadiyah Malang (Malang).

Acara penyerahan bantuan hibah ini disaksikan oleh Mendiknas, rektor dari beberapa universitas, perwakilan dari Hitachi, dan Wakil Duta Besar Jepang di Indonesia.

Managing Director Hitachi High Tecnologies Singapore, Osamu Nakamura mengungkapkan `Tabletop Electron Microscope` yang dihibahkan ini merupakan pengembangan dari Hitachi yang penggunaannya dapat diletakkan diatas meja dan mimiliki kemampuan yang sangat tinggi.

"Sejak pengembangan sampai sekarang telah terjual lebih dari 1000 unit diseluruh dunia dan nerupakan `Best Seller` Elektron Microscope ," katanya.

Osamu Nakamura berharap dengan hibah mikroskop pemindai eletron ini akan membantu kemajuan negara Indonesia dan menjalin kerjasama yang baik diantara kedua belah pihak.

Dia juga menambahkan mikroskop pemindai eletron ini akan sangat bermanfaat untuk studi detil arsitektur permukaan sel dan selain itu juga dapat mengamati objek secara tiga dimensi. (ANT*M-NYS)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011