diharapkan herd immunity segera tercapai di Jatim
Surabaya (ANTARA) - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Surabaya menggelar vaksinasi booster atau penguat COVID-19 dengan sasaran mahasiswa, alumni, dan masyarakat umum.

"Kegiatan digelar dua hari, 12-13 Februari 2022, dikhususkan bagi mereka yang sudah memperoleh vaksin dosis pertama dan kedua," ujar Ketua Umum IKA Unair Khofifah Indar Parawansa di sela memantau kegiatan vaksinasi di Airlangga Convention Centre di Kampus C Unair Surabaya, Minggu.

Vaksinasi tersebut merupakan kerja sama lintas sektoral, seperti Pemprov Jatim, IKA Unair, Rektorat Unair, Rumah Sakit Unair, Bank Jatim, Bank UMKM Jatim, FK Unair, dan BEM FK Unair.

Sejumlah mahasiswa FK dan dokter muda juga turut dilibatkan dalam program vaksinasi booster tersebut.

Pada kesempatan itu, Khofifah mengapresiasi kesuksesan uji klinis pertama Vaksin Merah Putih yang diinisiasi Unair.

"Selamat Unair dan RSUD Dr Soetomo atas keberhasilan uji klinis pertama Vaksin Merah Putih untuk 90 orang. Menurut MUI, vaksin ini akan jadi yang pertama tersertifikasi halal, dan semoga segera dapat persetujuan WHO," ucapnya.

Baca juga: Ikatan Alumni Unair galang aksi peduli warga terdampak Semeru
Baca juga: Gubernur Jatim dukung percepatan uji klinis Vaksin Merah Putih

Gubernur Jatim tersebut juga mengajak seluruh pihak untuk terus mendukung proses uji klinis Vaksin Merah Putih.

"Mohon dukungan uji klinis Vaksin Merah Putih tahap selanjutnya, supaya ini bisa menjadi persembahan Unair untuk warga dunia sehingga akan menjadi catatan sejarah yang luar biasa," katanya.

Sementara itu, Pengurus PP IKA Unair Bidang Kesehatan dan Pengabdian Masyarakat dr. Abdullah Makin mengungkapkan program vaksinasi booster bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh individu dari jangkitan COVID-19.

"Pascavaksin pertama dan kedua, secara teori dalam kurun waktu enam bulan ada penurunan anti bodi maka perlu diberikan vaksin booster ini," tuturnya.

"Melalui vaksinasi booster diharapkan herd immunity segera tercapai di Jatim sehingga kasus COVID-19 akan menurun," katanya menambahkan.

Di tempat sama, Rektor Unair Prof. Moh Nasih menyampaikan terima kasih kepada IKA Unair, Pemprov Jatim dan seluruh pihak yang terlibat menyukseskan vaksinasi booster.

"Sekitar 4.000 orang telah mengikuti vaksinasi. Ini merupakan komitmen Unair untuk turut mendukung percepatan vaksinasi," katanya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Ika Unair Sidoarjo sasar wilayah padat penduduk

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022