Penyelesaian proyek PLTGU Riau menunjukkan komitmen Medco Power mendukung pemerintah Indonesia dalam program pengembangan sosial dan ekonomi, serta mengembangkan portofolio bisnis gas to power kami
Jakarta (ANTARA) - PT Medco Power Indonesia mulai mengoperasikan secara komersial pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) berkapasitas 275 megawatt di Riau.

Presiden Direktur Medco Power Eka Satria mengatakan pengoperasian pembangkit itu dilakukan oleh anak perusahaan PT Medco Ratch Power Riau yang merupakan perusahaan patungan bersama RATCH Group Public Company Limited.

"Penyelesaian proyek PLTGU Riau menunjukkan komitmen Medco Power mendukung pemerintah Indonesia dalam program pengembangan sosial dan
ekonomi, serta mengembangkan portofolio bisnis gas to power kami," ujarnya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Selasa.

PLTGU Riau merupakan bagian dari proyek strategis nasional yang telah tersambung dengan sistem kelistrikan di Pulau Sumatra.

Eka menyampaikan bahwa pembangkit ini akan memperkuat ketahanan listrik serta menurunkan intensitas emisi gas rumah kaca, terkhusus untuk daerah di Provinsi Riau dan bagian selatan Sumatera.

PLTGU Riau merupakan pembangkit gas combined cycle berbasis teknologi terkini yang memiliki efisiensi tinggi dan memenuhi standar internasional untuk manajemen lingkungan.

Total investasi yang digelontorkan untuk pembangunan pembangkit ini mencapai 290 juta dolar AS. Pihak sponsor juga bekerja sama dengan institusi keuangan internasional dalam pendanaan proyek ini, yaitu Bank Pembangunan Asia (ADB), Perusahaan Keuangan Internasional (IFC), Bank MUFG, dan perusahaan perbankan Sumitomo Mitsui.

PLTGU Riau mendapatkan penghargaan untuk kategori proyek pembangkit gas dan proyek pembangkit gas alam dari majalah Asian Power.

Chief Executive Officer MedcoPower Roberto Lorato mengatakan PLTGU Riau merupakan bagian dari strategi perseroan dalam mengembangkan portofolio yang rendah karbon dan mencapai emisi netralitas karbon untuk Scope I dan Scope II pada 2050, lalu Scope III pada 2060 yang mendukung program transisi energi pemerintah Indonesia.

"Saya senang PLTGU Riau telah mencapai operasi komersial dengan aman dan mengatasi tantangan COVID-19," ucap Roberto.

Baca juga: Medco Power garap proyek ekspor energi hijau ke Singapura
Baca juga: Medco Power ingin kembangkan ekosistem kendaraan listrik menyeluruh
Baca juga: Medco Energi bentuk aliansi strategis dengan perusahaan listrik Jepang

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022