Minahasa Utara (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan pelaksanaan Women 20 (W20) dapat meningkatkan koordinasi dan sinergi memperjuangkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

"Kami berharap pelaksanaan W20 di daerah ini berjalan baik, aman, dan dapat kita maksimalkan bersama, sehingga akan meningkatkan koordinasi dan sinergi kita dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan," kata Gubernur Olly di Likupang, Selasa.

Baca juga: Tema W20 sejalan dengan visi dan misi Kowani

Sinergi yang dilakukan, menurut Gubernur, sebagai upaya membangun peradaban bangsa yang lebih maju di masa mendatang.

Dia berharap pelaksanaan W20 ini dapat menjadi momentum mengingat jasa dan pengorbanan para pahlawan wanita, para pejuang feminis yang telah memperjuangkan emansipasi perempuan di Indonesia dan di dunia.

Menurut politikus PDIP itu, kesetaraan gender adalah salah satu hak asasi manusia. "Tidak hanya laki-laki, tetapi perempuan memiliki hak yang sama untuk membuat pilihan hidup dengan kehormatan, keberanian dan kebebasan," katanya.

Baca juga: Chair W20: Diskriminasi dan kekerasan hambat pemberdayaan perempuan

Baca juga: Side event perdana W20 Indonesia 2022 akan digelar di Likupang


Perempuan, kata dia, memiliki potensi yang luar biasa, tidak bisa dipandang sebelah mata. "Perempuan tidak bisa ditempatkan hanya sebagai warga kelas dua, melainkan sejajar sebagai mitra laki-laki dalam konteks apapun," ujarnya.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara menjadi lokasi penyelenggaraan Women 20 (W20), KEK ini merupakan salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas yang ditetapkan pemerintah pusat.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022