Jakarta (ANTARA) - Chair W20 Indonesia Hadriani Uli Silalahi mengatakan, W20 Indonesia secara konsisten terus menyerukan kepada pemimpin G20 untuk mengeluarkan deklarasi yang berfokus terhadap pentingnya kesetaraan gender.

"Fokus G20 terhadap kesetaraan gender perlu terus dipantau dan dievaluasi secara berkala. W20 Indonesia pun secara konsisten menyerukan kepada pemimpin G20 untuk mengeluarkan deklarasi yang berfokus terhadap pentingnya kesetaraan gender," kata Hadriani Uli Silalahi dalam rilis Post Summit Women20, Senin.

Baca juga: Indonesia minta Presidensi India lanjutkan isu pemberdayaan perempuan

Pada pertemuan terakhir W20 ini, Indonesia juga memastikan terlaksananya empat agenda utama, yaitu mendelegasikan peran W20 kepada masyarakat luas agar dapat berkontribusi pada lingkungan sekitarnya dan memastikan Komunike W20 disampaikan dengan baik kepada pemimpin G20.

Selain itu menyosialisasikan rekomendasi W20 kepada pemimpin G20, Sherpa, organisasi wanita, akademisi, pemangku kepentingan, dan publik sebagai fokus utama pada pemberdayaan perempuan, serta pelaporan dan proses serah terima dari komite W20 Indonesia kepada delegasi W20 India.

Baca juga: Mitra Seni Indonesia gelar acara seni budaya di Post Summit Event W20

Sementara Co-Chair W20 Indonesia Dian Siswarini mengatakan acara Post Summit akan terus memperkuat rekomendasi W20 Indonesia.

"Karena W20 Indonesia telah secara resmi menyerahkan Komunike W20 pada Juli, saya berharap acara Post Summit ini akan terus memperkuat rekomendasi kami, sehingga permintaan kami akan didengar oleh para pemimpin dunia dan menjadi bagian dari diskusi KTT G20 mendatang," katanya.

Baca juga: W20 Indonesia-KADIN dorong penguatan SDM perempuan

Komunike W20 Indonesia berisi rekomendasi kepada para pemimpin G20 untuk memastikan bahwa kepentingan perempuan serta anak perempuan menjadi bagian signifikan dari kepresidenan G20 Indonesia.

W20 Indonesia pun mendorong pemerintah untuk menindaklanjuti komitmen dalam mengimplementasikan roadmap G20 menuju dan melampaui Brisbane Goals.

Kemudian mendorong untuk membuat jaringan data gender G20 dan dasbor yang berisi hasil dari W20, dan mengembangkan serta meningkatkan Strategi Nasional Gender Ekuitas dan Kesetaraan (NSGEE).

Baca juga: W20 momentum promosikan UMKM khas Danau Toba lebih mendunia
Baca juga: W20 dorong kaum perempuan aktif kembangkan pariwisata Sumut

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022