Surabaya (ANTARA News) - Jenderal Spanyol dan calon Komandan Sektor Timur UNIFIL, Brigjen Fernando Gutierrez Diaz De Otazu, mengunjungi daerah operasi Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/UNIFIL atau Indonesia Battalion (Indobatt) di "Sensitive Area Blue Line", perbatasan Lebanon-Israel.

Komandan Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/UNIFIL Letkol Inf Hendy Antariksa kepada ANTARA melalui surat elektronik yang dikirim Perwira Penerangan Indobatt, Mayor Pasukan Banu Kusworo, dari Lebanon, Sabtu, melaporkan, rombongan jenderal asal Spanyol itu tiba di "blue line" pada Jumat (5/8) pukul 17.15 waktu setempat.

"Kunjungan jenderal asal Spanyol itu terkait dengan akhir masa penugasan kontingen, karena masa penugasan kontingen dari beberapa negara di Lebanon itu memang memiliki waktu yang berbeda-beda," katanya.

Ia mencontohkan, masa penugasan kontingen Indonesia sebagai "peacekeepers" (penjaga perdamaian) selama satu tahun, Malaysia sembilan bulan, Nepal enam bulan dan Spanyol empat bulan.

"Bagi Kontingen Spanyol, sebelum mengakhiri masa tugasnya di Lebanon, maka para pejabat yang akan menggantikan tugas dari kontingen sebelumnya mengunjungi daerah penugasan di Lebanon Selatan, termasuk calon Komandan Sektor Timur UNIFIL, Brigjen Fernando Gutierrez Diaz De Otazu," katanya.

Sebelum berkunjung ke Area Operasi Indobatt, Kepala Seksi Operasi Indobatt, Mayor Inf Hendriawan Senjaya didampingi Pasi Ops, Kapten Mar Eko Budi Prasetyo, memaparkan situasi terkini Indobatt kepada Brigjen Fernando Gutierrez Diaz De Otazu dan pejabat lainnya.

"Materi yang dipaparkan, antara lain tugas pokok Indobatt, organisasi, deployment and strength, activity/daily task dan sensitive area," katanya.

Setelah menerima paparan dari Kasi Ops Indobatt, Brigjen Fernando Gutierrez Diaz De Otazu dan pejabat lainnya melakukan kunjungan ke daerah operasi Indobatt yaitu di daerah "sensitive area blue line" yang merupakan daerah operasi Kompi Alpha di perbatasan Lebanon-Israel.

Dalam penyambutan rombongan itu, Komandan Kompi Alpha, Kapten Inf Sigit Purwoko, memaparkan situasi terkini di sepanjang "sensitive area blue line" yang menjadi tanggung jawab Kompi Alpha kepada Brigjen Fernando Gutierrez Diaz De Otazu dan pejabat lainnya.

Setelah paparan selesai, rombongan yang didampingi Komandan Kompi Alpha, Kapten Inf Sigit Purwoko, dan Danton 1 Kompi Alpha, Kapten Inf Indar Irawan, meninjau pos-pos Indobatt di sepanjang "sensitive area blue line" yaitu pos panorama, flag point dan TP-37.

Sebelum mengakhiri kunjungan, Brigjen Fernando Gutierrez Diaz De Otazu mengucapkan terima kasih kepada Komandan Indobatt beserta jajarannya yang telah memberikan gambaran tentang area operasi Indobatt, sehingga bisa menjadi bekal sebelum melaksanakan tugas sebagai Komandan Sektor Timur UNIFIL.

(E011)(D010)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011