Mamuju (ANTARA News) - Ribuan kaum dhuafa di Kecamatan Topoyo dan Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, menerima paket sembako Ramadhan yang dibagikan secara simbolis oleh Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh.

Pembagian paket sembako gratis kepada kaum dhuafa yang ada di dua kecamatan tersebut turut dihadiri langsung oleh Bupati Mamuju Suhardi Duka, Anggota DPR Ibnu Munzir, Ketua DPRD Mamuju H Sugianto, para pejabat Pemprov Sulbar, pejabat Pemkab Mamuju dan para tokoh masyarakat yang ada di daerah tersebut, Minggu.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Anwar Adnan Saleh, menyampaikan, pembagian paket sembako ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat muslim yang saat ini tengah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1432 Hijriah.

"Paket sembako yang diberikan kepada masyarakat umat muslim itu khususnya bagi kalangan masyarakat kurang mampu tak lain untuk saling berbagi di bulan yang penuh berkah ini. Momentum datangnya Ramadhan harus kita jadikan sebagai ajang untuk meningkatkan hubungan silaturahim diantara sesama khususnya bagi kaum muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa," ungkap Anwar.

Ia menyampaikan, penghargaan dan terima kasih kepada masyarakat umat muslim yang ada di Topoyo dan masyarakat di Kecamatan Tobadak yang rela hadir bersama-sama dalam acara silaturahim yang dilaksanakan tepat di bulan Ramadhan.

"Kami ajak masyarakat untuk mengisi bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan lewatkan bulan ini berlalu begitu saja dan hendaknya dimanfaatkan untuk saling berbagi dan meningkatkan hubungan vertikal kepada Allah SWT dan meningkatkan hubungan sesama manusia serta menjalankan segala apa yang diperintahkan-Nya dan menjauhi segala apa yang dilarang-Nya," ucap Anwar.

Di tempat yang sama, Bupati Mamuju Suhardi Duka, juga menyampaikan, masyarakat yang ada di Topoyo dan Tobadak agar tetap bersatu, kompak dan tidak bercerai-berai.

"Selama ini saya tak pernah kalah dalam segala hal termasuk pada pilkada. Ini hanya bisa terjadi karena saya dan masyarakat memiliki kesamaan yakni tak mau kalah. Makanya, saya dan masyarakat berhasil memenangkan pilkada untuk melanjutkan pembangunan di Mamuju periode 2010-2015," kata bupati.

Olehnya itu, kata Suhardi, masyarakat kembali diajak untuk tetap bersatu dalam meraih segala hal termasuk di bulan Ramadhan agar kelak pada hari raya Idul Fitri nanti, masyarakat muslim yang ada di Topoyo maupun di Tobadak tersebut berhasil meraih tahta menjadi umat yang memiliki ketakwaan kepada Tuhan.

"Ramadhan ini adalah bulan penuh ampunan. Makanya, umat muslim hendaknya bersatu untuk meraih amal ibadah sehingga kita termasuk dalam golongan yang bertaqwa atau suci bagaikan bayi yang tak berdosa," terangnya.

Sementara itu, Nursiah, salah seorang kaum dhuafa yang menerima bantuan paket sembako tersebut mengaku gembira karena pemerintah memberikan bantuan pada pelaksanaan di bulan Ramadhan.

"Kami tentu bersyukur karena paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, sirup, gula pasir dan terigu dibagikan saat masyarakat membutuhkannya. Ini akan meringankan sedikit beban ekonomi di saat harga kebutuhan melambung tinggi," paparnya.

Ia berharap, bentuk kepedulian pemerintah terhadap kaum dhuafa bukan hanya dilaksanakan di daerah Topoyo dan Tobadak, tetapi juga menghimpun seluruh wilayah yang ada di Sulbar khususnya umat muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa. (ACO/Y008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011